Mengenal Metode Kish Grid Dalam Mengambil Sampling Populasi

Ada beberapa metode pengambilan sampling populasi. Biasanya kita gunakan dalam sebuah penelitian oleh mahasiswa, lembaga survey atau kebutuhan akademik lainnya.

Metode Kish Grid adalah

Metode Kish-Grid adalah metode pemilihan responden ditentukan dengan tabel bilangan yang ditemukan oleh Leslie Kish (1949). Konsepnya sederhana, kita mendata/melisting anggota keluarga yang sesuai kriteria responden kemudian dengan nomor acak kita bisa menentukan anggota rumahtangga yang terpilih.

Kesulitan

Dalam berbagai penelitian, metode ini mempunyai tingkat penolakan dari calon responden yang tinggi. Pertanyaan awal dari interviewer biasanya menayakan “Berapa jumlah orang yang tinggal di sini?” Di negara maju, dimana banyak manula yang tinggal sendirian.

Pertanyaan seperti ini bisa menimbulkan kecurigaan yang tinggi. Tetapi di negara berkembang seperti Indonesia, mungkin tidak bermasalah karena umumnya orang tua masih tinggal dengan anggota keluarga lainnya. Untuk detail metode Kish grid bisa berkunjung di artikel sebelumnya “Metode Kish Grid untuk Memilih Responden”.

Dengan berbagai kelebihan seperti bisa menunjukan keterwakilan gender, metode ini juga ada beberapa kelemahan yang sudah disampaikan diatas. Akan ada penolakan di lapangan.

Kish GrisMetodeSampling PopulasiStatistik