Mengenali Sejarah, Bahaya Merokok dan Manfaat Berhenti Merokok


Ketagihan rokok merupakan ketagihan yang paling umum, seringkali lebih buruk dari jenis narkoba seperti heroin dan lebih sulit dihentikan, serta tidak melanggar hukum, kecuali dibeberapa tempat yang secara tegas melarangnya.

Sebaliknya ketika berhenti merokok maka akan membawa manfaat bagi kesehatan jangka panjang maupun pendek. Saat bulan ramadhan atau puasa sebenarnya pembuktian bahwa sesungguhnya merokok bisa diobati, setidaknya 14 jam seseorang berhenti makan, minum dan tentunya merokok. Sehinggaini bisa dijadikan sebuah bukti bahwa sesungguhnya orang bisa untuk memaksa berhenti merokok.

Sejarah Merokok

Sejarah rokok dimulai di Amerika Selatan pada 4.000 tahun sebelum masehi. Ketika itu, merokok atau mengunyah tembakau merupakan bagian dari ritual perdukunan.

Baru beberapa abad kemudian tembakau diperkenalkan di daratan Eropa. Setelah Cristopher Colombus menjadi orang Eropa pertama yang menemukan tumbuhan tembakau. Bangsa Eropa kemudian membawa tembakau itu berbagai tempat dengan menggunakan kapal laut. (kompas)

Ini adalah sebagian bahaya merokok:

Setidaknya ada 3000 zat kimia berbahaya dalam rokok. Lima persen diantaranya adalah karbon monoksida seperti gas mematikan dalam asap knalpot mobildan gas ini mencegah darah untuk menyerap oksigen dengan baik.

Tar yang digunakan untuk melapisi jalan sama dengan yang terkandung dalam rokok tembakau, dan bisa menyebabkan kanker.


Tar yang paling berbaya adalah zat kimia nitroso yang sangat kuat. Satu bagian per miliar dalam makanan sudah berbahaya, sedangkan rokok tembakau mengandung 5000 bagian per miliar.

Zat kimia lain yang terhirup mencakup amonia, yaitu zat kimia yang terdapat dalam peledak, pemutih, dan pembersih toilet; sianida, sejenis racun mematikan; serta fenol, yaitu zat kimia yang digunakan dalam perontok cat

Inilah beberapa alasan orang merokok:

Saat nikotin mencapai otak, zat ini menyebabkan kepala berputar dan orang merasa terangsang dan waspada. Nikotin membuat jantung berdenyut lebih cepat sehingga lebih banyak darah yang beredar dalam tubuh setiap menit. Orang itu merasa sudah siap untuk beraktivitas.
Nikotin mengurangi tegangan otot, yang membuat orang merasa rileks dan seolah olah meredakan stres.

Nikotin tampaknya membantu orang bekerja dengan memperbaiki konsentrasinya . Zat ini menghilangkan kebosanan dan rasa lelah.
Mengapa harus berhenti merokok?

Perokok terlihat lebih tua dari usia sebenarnya karena merokok bisa mempercepat penuaan kulit

Resiko kematian dini perokok dua kalinya orang bukan perokok.
Penyakit akibat merokok membunuh 40 persen perokok sebelum mereka mencapai usia pensiun.

Apa manfaat berhenti merokok?

  • Berhenti merokok memiliki manfaat seketika.
  • Dalam 20 menit tekanan darah dan denyut nadi menurun
  • Dalam 2 jam saluran udara dalam paru paru menjadi rileks, sehingga lebih mudah bernafas, dan volume udara yang bisa disimpan paru-paru akan meningkat
  • Dalam 8 jam kadar karbon monoksida turun menjadi normal dan kadar oksigen naik menjadi normal
  • Dalam 24 jam resiko serangan jantung menurun
  • Dalam 48 jam ujung syaraf yang rusak mulai tumbuh kembali, sehingga indera penciuman dan pengecapan menjadi lebih kuat.
  • Dalam 1 sampai 3 bulan sirkulasi darah membaik; fungsi paru-paru meningkat hingga sepertiganya.
  • Dalam 5 tahun risiko kanker paru menurun hingga separuhnya.
  • Dalam 10 tahun risiko kanker paru menjadi normal

Demikian sedikit ulasan “Mengenali Bahaya Merokok dan Manfaat Berhenti Merokok,” semoga bermanfaat.

Sumber: Panduan Kesehatan Keluarga ; Dr miriam stoppard

bahasa merokobahasa merokok