Nama Latin, Manfaat dan Cara Mengolah Daun Bidara

Bidara sangat terkenal dalam dunia pengobatan di Indonesia. Bidara atau widara memiliki nama latin Ziziphus mauritiana. Bidara merupakan sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering.

Pohon bidara sendiri sejarahnya diperkirakan berasal dari dari Asia Tengah, dan menyebar alami di wilayah yang luas baik itu Afrika, hingga Asia Tenggara dan Australia. Namun yang mengembangkannya secara komersial sejauh ini adalah India, China, dan sedikit di Thailand. 

Sebutan di negara-negara lain di antaranya: bidara, jujub, epal siam (Mal.); manzanitas (Fil.) zee-pen (Burma); putrea (Kamboja); than (Laos); phutsaa, ma tan (Thai); tao, tao nhuc (Vietnam). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Jujube, Indian Jujube, Indian plum, atau Chinese Apple; serta Jujubier dalam bahasa Prancis. (wikipedia).

Manfaat dan Kandungan Daun Bidara

Dikutip dari data nutrisi yang ditampilkan wikipedia, bidara memiliki nilai energi, karbohidrat, lemak, protein dna kandungan yang lain seperti tabel diatas.

Selain itu beberapa sumber manyatakan bidara memiliki senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri . Belum lagi terdapat sifat antioksidan dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang sering digunakan oleh masyarakat

Dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka.

Caranya adalah dengan meminum rebusan air daun bidara. Selain itu kamu juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, kemudian campur sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

Mengusir Gangguan Jin dan Setan

Khasiat daun bidara yang sangat populer untuk mengusir jin dan setan. Terdengar tidak masuk akal. Ada beberapa keterangan hadist yang menerangkan manfaatnya.

Meringankan diabetes

Diabetes saat ini dianggap penyakit yang berbahaya jika tidak mendapatkan perawatan yang maksimal. Beberapa pengobatan perlu dilakukan untuk mengobati atau mengurangi efek komplikasinya.

Salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Kamu bisa mengonsumsi rebusan daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah.

Daun bidara juga dapat membantu dalam mengatur sistem perlindungan terhadap pengoptimalan produksi insulin.

Mengurangi kolesterol

Daun bidara juga berfungsi untuk mengontrol kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol dalam tubuh bisa turun jika kamu mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui urine atau feses.

Meredakan gangguan lambung

Daun bidara juga bermanfaat untuk meredakan gangguan lambung. Mereka yang mengalami gangguan lambung atau maag, biasanya karena pola makan yang kurang teratur. Saat asam lambung naik, cobalah untuk membuat jus daun bidara atau bisa mengonsumsi air rebusannya.

Cara Mengolah Daun Bidara

Saat ini seiring dengan kreatifitas daun bidara mulai diolah sebagai konsumsi dalam berbagai bentuk. Salah satunya disajikan dengan bentuk minuman teh. Karena manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada juga yang direbus dan diminum airnya.

Demikian sedikit ulasan “Nama Latin, Manfaat dan Cara Mengolah Daun Bidara,” semoga bermanfaat.

dan bidara