Potensi Usaha Kerajinan Tangan (handycraft), Contoh Work From Home

Sebelum kita jauh membicarakan tema kerajinan tangan. maka perlu kita sepakati terlebih dahulu dua pengertian dari judul diatas yaitu kerajianan tangan dan work from home. Kerajinan tangan atau dalam bahasa Inggris handycraft adalah menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual. Kerajinan tangan berpotensi untuk memiliki nilai yang tinggi.

Sementara istilah work from home atau WFH saat ini sedang populer seiring dengan persebaran Covid-19 yang juga menimpa negara dunia dan juga Indonesia. WFH yang artinya adalah bekerja dari rumah.

Potensi Usaha Kerajinan Tangan (Handycraft)

Beberapa potensi versi INITU yang kita rangkum dalam tulisan ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Bisa mengoptimalkan bahan bekas atau daur ulang menjadi produk unggul dan bermanfaat.
  • Dapat memberikan penghasilan tambahan dari pekerjaan utama, bahkan berpotensi menjadi pekerjaan utama.
  • Bisa meyalurkan hobi dan kreatifitas seseorang. Apalagi dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu.
  • Bisa memberdayakan masyarakat sekitar. Bahkan bisa menjadi sentra pusat percontohan, kalau memang belum ada sebelumnya.
  • Memberdayakan potensi dan ekonomi lokal untuk terus bertumbuh dan berkembang.
  • Ikut serta dan bagian dari mendukung program pemerintah dalam rangka pemberdayaan UMKM.
  • Bisa dilakukan siapapund dengan modal yang tidak harus besar terlebih dahulu.
  • Sebagai ajang eksistensi lokal di kancah global.
  • Mengurangi pengangguran dan menyerap tenaga kerja lokal.

Kerajinan Tangan memiliki dua fungsi yaitu Fungsi Pakai dan Fungsi Hias

Fungsi Pakai adalah Kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda kerajinan tersebut dan memiliki keindahan sebagai tambahan agar menjadi menarik. ·                     

Fungsi Hias adalah Kerajinan yang hanya mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan guna dari barang tersebut, contoh kerajinan ini seperti miniatur, patung dll yang hanya menjadi kenikmatan bagi siapa yang melihatnya.

Kerajinan Tangan jika dilihat dari segi bahan dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Kerajinan bahan keras.
  • Kerajinan bahan lunak.

Faktor yang mempengaruhi ciri khas kerajinan suatu daerah :

  • Budaya.
  • Letak Geografis.
  • Sumber Daya Alam.

Contoh Kerajinan Tangan yang Cocok Untuk Work From Home

Pada dasarnya pekerjaan handycraft bisa dilakukan di rumah. Karena memang skalanya tidak sebesar di indutrsi global. Sehingga ketika ada kampanye WFH, sudah ada gamabran untuk segera melakukan usaha sebagai berikut. Dengan catatan berdasarkan potensi pasar dan ketertarikan anda selaku pelaku usaha.

Berikut beberapa contoh yang coba kami cantumkan, tentu saja tidak bisa menuliskan secara lengkap (silahkan ditambahkan bila pembaca ada referensi baru)

Kerajinan Tangan Gerabah

Memanfaatkan tanah liat menjadi berbagai bentuk gerabah sudah ada sejak zaman dulu. Gerabah menghasilkan perkakas rumah tangga atau alat rumah tangga seperti  kendi, periuk, belanga, tempayan, anglo, celengan, dan benda lainnya.

Beberapa daerah yang masih bertahan antara lain (Purwakarta), Sitiwangun (Cirebon), Kasongan (Yogyakarta), Banjarnegara (Bandung), Kapal (Bali). Mayong (Jepara), Klampok (Purwokerto), Jatiwangi, (Majalengka), Dinoyo (Malang), Lombok (Nusa Tenggara Barat), dan Takalar (Sulawesi Selatan).

Kerajian Tangan Modern

Ada beberapa yang bisa dimasukan kedalam kategori ini, dengan beberapa kriteria yaitu produk ybaru yang memang sedang hits, bahan bisa dibeli dengan mudah, bisa dijual dengan nilai tertentu dan butuh keahlian tertentu oastinya. Handycraft ini antara lain membuat bros, menyulam dan aksesories lainnya.

Bahkan beberapa daerah sudah menjadi produsen kerajinan tas, pot bunga, lampu belajar dan lainnya dengan menggunakan bahan aur ulang.

Kerajinan Sabun

Sabun atau lilin bisa dijadikan menjadi bahan kerajinan tangan yang bernilai tinggi, dengan ketelatenan membentuk berbagai buah karya sesuai pesanan. seperti menjadi bentuk bunga, miniatur barang dan lainnya.

Usaha Kerajinan Kulit

Kulit menjadi bahan yang sangat potemsial menjadi produk yang handal. Ini sudah dibuktikan di Tanggulangin Sidoarjo Jawa Tengah yang menyulap kerajinan tangan kulit menjadi sentra yang besar saat ini. beberapa produk andalannya antara lain dompet kulit, tas kulit dan lainnya

Usaha Ban Bekas

Di Desa Pasir Kidul Purwokerto Jawa Tengah, usaha pengolahan ban bekas sudah lama dilakukan, ban bekas bisa diolah menjadi sandal, pot bunga, alat pencabut bulu, tali karet, dan bahan dasar untuk produk lainnya.

Selain sudah cukup lama berkembang handycraft ini juga membutuhkan kemampuan dan kemauan yang terkadang tidak semua orang mempunyai.

Promosi Hasil Kerajinan Tangan

Untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan agar banyak dikenal dan diminati orang tentunya bisa melakukan promosi baik offline maupun online. Offline misalnya bergabung bersama komunitas baik lokal maupun global, mengikuti pameran, bekerjasama dengan oemerintah daerah setempat.

Sementara untuk online bisa menggunakan social media maupun website yang berbayar ataupun yang gratis sebagai bahan promosi yang cukuo efektif saat ini.

Demikian “Potensi Usaha Kerajinan Tangan (handycraft), Contoh Work From Home,” semoga bermanfaat

handycraftkerajinan tangan
Comments (0)
Add Comment