(Video) Cara Membersihkan Karatan Pada Besi Dengan Cola

Berikut (Video) Cara Membersihkan Karatan Pada Besi Dengan Cola

Karatan atau biasa disebut dengan korosi merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.xH2O. Korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi. Persamaan reaksi pembentukan karat sebagai berikut:

Rahasia cara membersihkan karatan pada besi dengan Coca Cola, berawal dari kondisi kursi besi yang karatan parah (dibersihkan dengan peralatan yang harus dipersiapkan sebagai berikut )

1. Air
2. Cola
3. Backing Soda
4. Amplas
5. Ember
6. Lap Kering dan Basah
7. Sabun

Tata Cara Pembersihan Karatan
1. Siramkan Cola ke semua bagian yang berkarat
2. Campurkan backing soda dengan air kemudian semprotkan
3. Tunggu beberapa saaat (bisa menit, jam dan hari secara berkala)
4. Amplas Bagian Karatan
5. Lakukan secara berulang hingga bersi
6. Jika masih belum bersih ulangi di hari yang berbeda
7. Semoga berhasil

 

Untuk mencegah terjadinya karatan bisa dilakukan beberapa langkah sebagai berikut seperti dikutip dari wikipedia

  • Cara modifikasi lingkungan. Oksigen (O2) dan kelembaban udara merupakan faktor penting dalam proses pengaratan, mengurangi kadar oksigen atau menurunkan kelembaban udara dapat memperlambat proses pengantaraan. Sebagai contoh, kelembaban di dalam gudang dapat dikurangi dengan mendinginkan gudang menggunakan pengondisi udara (Air Conditioner / AC).
  • Cara modifikasi besi. Ketika besi membentuk aloi (logam campuran) dengan unsur-unsur tertentu, besi akan lebih tahan terhadap pengaratan. Baja (aloi dari besi) mengandung sebelas persen hingga dua belas persen kromium dan sedikit mengandung karbon, disebut stainless steel. Baja ini ini tahan karat dan sering digunakan dalam industri, untuk bahan kimia, dan di rumh tangga.
  • Cara proteksi katodik. Jika logam besi dihubungkan dengan seng, besi tersebut akan sukar mengalami korosi. Hal ini disebabkan seng lebih mudah teroksidasi dibandingkan dengan besi. Potensi reduksi seng adalah E°Zn2+|Zn = -0.76V, lebih negatif daripada potensi reduksi besi, yaitu sebesar E°Fe2+|Fe = -0.44V. Seng akan beraksi dengan oksigen dan air dalam lingkungan yang mengandung karbon dioksida. Seng karbonat yang terbentuk berfungsi melindungi seng itu sendiri dari korosi. Cara perlindungan logam seperti ini disebut cara proteksi katodik (Katode Pelindung). Selain seng (Zn), logam magnesium (Mg) yang termasuk alkali tanah, banyak digunakan untuk keperluan ini.
  • Cara pelapisan. Jika logam besi dilapisi tembaga atau timah, besi akan terlindung dari korosi. Sebab logam Cu (E°Cu2+|Cu = +0.34V) dan Sn( E°Sn2+|Sn =-0.14V) memiliki potensi reduksi yang lebih positif daripada besi (E°Fe2+|Fe = -0.44V). Namun, bila lapisan ini bocor, sehingga lapisan tembaga atau timah terbuka, besi akan mengalami korosi yang lebih cepat. Selain dengan tembaga dan timah, besi juga dapat dilapisi dengan logam lain yang sulit teroksidasi. Logam yang dapat digunakan adalah yang memiliki potensial reduksi lebih positif dibandingkan besi, seperti perak, emas, nikel, timah, tembaga, dan platina.

Demikian proses pembersihan karatan dari besi yang anda miliki semoga bermanfaat
Jangan Lupa Like, share dan Subscribe Channel Pudak TV

Comments (0)
Add Comment