Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan kurang ideal, atau berat badan berlebih dan menginginkan berat normal. Beberapa tips berikut bisa dicoba. Selain untuk menjaga kesehatan berat badan ideal juga akan memudahkan anda melakukan aktifitas normal. Berikut tips yang bisa anda coba

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Tubuh membutuhkan cairan sekurangnya 8 gelas sehari. Dengan mengonsumsi cairan yang cukup bisa menekan nafsu makan sehingga menjaga berat badanmu.

Berikut beberapa ukuran komposisi air dalam tubuh yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda. Untuk bayi (80%), orang dewasa (70%), dan lanjut usia (50%) berbeda-beda. Organ-organ dalam tubuh pun hampir sebagian besar terdiri dari unsur air. Paru-paru (90%), darah (82%), kulit (80%), otot (75%), otak (70%), dan tulang (20%).

Jadi, peran air minum bagi tubuh sangat besar dalam kehidupan manusia untuk bertahan hidup. Namun sebagian besar dari kita belum paham mengenai pentingnya konsumsi air bagi tubuh.

2. Makan Menggunakan Piring Kecil

Untuk mengurangi porsi makanmu gunakanlah piring kecil, dengan harapan porsi yang diambil juga terbatas. Setidaknya bisa membuat tubuh kita merasakan memakan satu penuh piring seperti biasanya. Sehingga ini bisa memangkas asupan kalori yang berlebih.

3. Tidur Cukup

Cara menurunkan berat badan yang cukupefektif adalah dengan tidur yang cukup. Tubuh yang lelah setelah beraktifitas sehari juga membutuhkan istirahat untuk memulihkan badan.

Dengan tubuh yang kurang istirahat bisa menjadikan kamu cepat merasa lapar. Ketika kamu begadang kamu akan rentan akan ngemil justru yang akan membuat berat badanmu tambah berat.

4. Olahraga

Selain untuk menurunkan berat badan, menyempatkan diri untuk olahraga sangat baik untuk kesehatan. Olahraga ringan tetapi rutin bisa anda lakukan untuk membakar kalori. Melakukan aktifitas sehari hari juga bisa seperti mencucipiring, motor atau mobil. Bisa juga gerakan melompat agar membakar kalori

5. Konsumsi Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat. Zat-zat tersebut dipercaya membakar lemak hingga 30% lebih banyak jika diseimbangi dengan berolahraga. Minumlah segelas jeruk nipis hangat untuk membantu menurunkan berat badan.

Ternyata kandungan asam sitrat dan vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat membantu melarutkan gula dan lemak di dalam tubuh, serta rendah akan kalori.

Oleh karenanya, dengan mengonsumi segelas air hangat yang sudah dicampurkan perasan jeruk nipis setiap harinya dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan,

6. Komitmen Terhadap Diri Sendiri

Untuk menurunkan beratbadan membutuhkan waktu yang lama dan butuh komitmen yang kuat kalau menginginkan hasil yang maksimal. Tanpa disiplin maka kita akan seenaknya dalam beraktifitas dan mengkonsumsi sesuatu.

SUMBER: DETIK HEALTH

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.