Daftar Bunga Unik di Indonesia yang Wajib Anda Tahu

Anda sebagai masyarakat Indonesia perlu berbangga hati berkat kekayaan sumber daya alamnya. Cuaca tropis dan tanah yang subur membuat ada banyak sekali jenis bunga unik yang bisa tumbuh di Indonesia. Spesies-spesies bunga yang unik tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Keunikan bunga tersebut tidak hanya dari bentuknya, tetapi berdasarkan warna dan ada yang mengeluarkan bau tak sedap juga. Penasaran? Simak daftar bunga unik di Indonesia.

  • Anggrek Hitam Kalimantan

Meskipun dinamakan Anggrek Hitam Kalimantan, sebagian besar mahkota dari bunga ini warnanya mirip daun yaitu hijau. Hanya bagian sekitar putik yang berwarna hitam.

  • Anggrek Hitam Papua

Kalau Anda melihat bunga dengan warna merah dan kuning, pasti itu sudah biasa. Bagaimana dengan bunga yang memiliki mahkota hitam legam? Ini benar-benar ada di Papua. Anda tidak akan pernah bisa menemukan bunga yang seperti ini di negara lain, karena masuk dalam bunga khas Indonesia.

  • Rafflesia Arnoldi

Hampir seluruh generasi Indonesia pasti paham tentang bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga yang satu ini selalu diajarkan di bangku sekolah. Bunga ini masuk dalam kategori bunga unik yang terdapat di Sumatera. Bung Rafflesia Arnoldi adalah bunga yang tidak punya akar, daun maupun batang.

Baca juga Jenis Dan Contoh Simbiosis Dalam Hubungan Antar Makhluk Hidup

  • Bunga Bangkai

Bunga Bangkai memang sangat mirip penampakannya dengan Bunga Raffelsia Arnoldi. Bunga yang satu ini mengeluarkan bau busuk yang berguna menarik perhatian serangga. Kalau jenis yang satu ini memiliki umbi. Bunga yang satu ini memiliki akar, dan batang juga, sehingga sangat berbeda dari Rafflessia Arnoldi.

  • Edelweiss Jawa

Bunga Edelweiss biasa tumbuh di kawasan tanah vulkanik dan dataran tinggi. Bunga ini masuk dalam bunga unik asal Indonesia yang tingginya jarang mencapai 1 meter. Edelweiss Jawa kini masuk dalam kategori bunga yang dilindungi, karena keberadaannya hampir punah.

  • Bunga Melati

Daftar bunga unik di Indonesia berikutnya yang memiliki bau semerbak mewangi adalah bunga melati. Bunga melati dijadikan sebagai bunga nasional, meskipun memang sedikit mirip dengan Filipina.

Namun sejarah bunga nasional dari melati ini sudah lebih dahulu dipakai di Indonesia. Warna putih dari melati ini melambangkan keagungan, kesucian, dan lain-lain. Melati ini banyak ditanam di pekarangan rumah masyarakat Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.