Bacaan Semua Kalangan

Doa Mengenakan Pakaian, Baju Baru, dan Doa Melepas Pakaian

Doa Mengenakan Pakaian, Baju Baru, dan Doa Melepas Pakaian

0

Sebagai manusia beradab kita diajarkan untuk senantiasa menutupi aurat baik lagi laki maupun perempuan. Dengan balutan kain yang kemudian kita kenal dengan nama pakaian. Berbagai model dan jenis tentu semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Namun pada intinya adalah untuk bisa menutup aurat.

Berikut kami tuliskan beberaa doa antara lain, doa mengenakan pakaian, doa saaat mengenakan pakaian baru dan doa saat melepas pakaian.

Doa Mengenakan Pakaian 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

[Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwatin] Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku. (HR. Abu Daud no. 4022.dan At-Tirmidzi n0. 1873).

Tentu dengan senantiasa kita berdoa, bisa menjadi sarana untuk mengingat Allah, dan tentu hal ini sangat disenangi oleh Allah kepada hamba-hambaNya yang berdoa.

Do’a Memakai Baju Baru

Ketika kita memakai baju/pakaian yang baru maka disunnahkan untuk membaca:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Allaahumma lakalhamd anta kasawwa ti niihi, as’aluka min khoirihi wa khoiri maa sholikha lahu, wa audzubika min syarroti wa syarromaa sholikha lahu”

[Ya Allah, segala puji hanya untuk-Mu. Engkau telah memakaikan pakaian ini kepadaku. Aku meminta kepada-Mu akan kebaikannya dan kebaikan yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang dibuat untuknya].

(HR. Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Al-Baghawiy, lihat Mukhtashar Syamaa`il At-Tirmidziy karya Asy-Syaikh Al-Albaniy hal.47)

Kita meminta kepada Allah kebaikan pakaian dikarenakan pakaian itu bisa digunakan sebagai sarana untuk beribadah kepada-Nya. Sebaliknya kita meminta perlindungan dari kejelekannya karena pakaian itu bisa menjadi sebab berbuat durhaka kepada-Nya seperti adanya perasaan ‘ujub, sombong dan sejenisnya.

Do’a ketika Melepas Baju

Apabila kita melepas baju/pakaian, hendaklah kita membaca:

بِسْمِ اللهِ

“Bismillaah”

[Dengan nama Allah].

(HR. At-Tirmidziy 2/505 dan lainnya, lihat Irwaa`ul Ghaliil no.49 dan Shahiihul Jaami’ 3/203).

 

 

Demikian kami rangkumkan “Doa Mengenakan Pakaian, Baju Baru, dan Doa Melepas Pakaian “, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.