Pengertian, Fungsi dan Perbedaan Ensiklopedia dan Bibliografi

Yang pernah belajar di bangku sekolah atau, home scholling atau dimanapun berada tentu sangat mengenal dua istilah ini. Ensiklopedia dan bibliografi,. Apa saja pengertian, fungsi dan perbedaanya, yuuk kita ikuti :

Pengertian Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah karya referensi atau ringkasan yang menyediakan rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu.

Ensiklopedia terbagi dalam artikel atau entri yang sering disusun menurut alfabet dan terkadang oleh kategori tematik. Artikel ensiklopedia lebih panjang dan lebih rinci daripada kamus yang paling banyak sekalipun. 

Fungsi Ensiklopedia

1. Merupakan layanan pengarahan terhadap bahan-bahan lebih lanjut untuk para pembaca terhadap topik-topik yang dibahas.

2.Ensiklopedia sebagai sumber informasi yang memuat topik dan pengetahuan dasar yang ada hubungannya dengan suatu subjek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut.

3.Bahwa Ensiklopedia dapat berperan sebagai sumber jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan fakta dan kenyataan serta data-data

Pada umumnya ensiklopedia berbentuk tulisan panjang dan detail, sehingga tidak heran kalau menjadi buku-buku yang besar-besar. Seiring dengan perkembangan waktu ensiklopedia tidak melulu berbentuk tulisan, tetapi banyak juga dilengkapi data statistik, gambar dan ilustrasi yang detail dan lengkap

Pengertian Bibliografi

Bibliografi ini berasal dari Bahasa Yunani Biblion yang mempunyai arti buku dan Graphein yang artinya menulis. Maka bibliografi ini dapat diartikan ialah dengan penulisan buku.

Bibliografi ini merupakan sebuah daftar pustaka yang meliputi isi serta  deskripsi sebuah buku, yang terdiri dari judul, pengarang, edisi, cetakan, kota penerbit, nama penerbit, tahun terbit, jumlah halaman serta ukuran tinggi buku dan ISBN.

Fungsi Bibliografi

Fungsi dan tujuan dari pembuatan bibliografi sendiri adalah untuk bisa tahu adanya suatu atau sejumlah buku atau juga pustaka yang sudah pernah diterbitkan. 

Contoh penulisan:

Ibengpramana, A.N. 1985. Bintang Nusantara. Jakarta: Gramedia. Depdikbud 1989. Kisah Seorang Pelajar, Jakarta : Balai Pustaka.

Demikian sedikit ulasan “Pengertian, Fungsi dan Perbedaan Ensiklopedia dan Bibliografi,” semoga bermanfaat bagi siapapunyang membutuhkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.