Perbedaan antara Margarine dan Mentega (Butter), Bos dan Shortening

Perbedaan antara Margarine dan Mentega (Butter), Bos dan Shortening

0

Saya menulis sedikit tentang perbedaan margarin, mentega, butter, wysman, roombutter dll, karena beberapa kali masih ada yang menanyakan tentang hal diatas dan ternyata banyak kaum Hawa seperti saya masih saja bingung membedakannya. Silahkan disimak ya, bun.

1. BUTTER

Butter bahasa lainnya MENTEGA, juga disebut ROOMBUTTER (belanda). Bahan dari lemak susu hewan yg diolah sedemikian rupa sehingga jadi bisa kita konsumsi. Fungsinya sebagai bahan campuran kue. Harga butter cenderung lebih mahal dari margarin ya. Karena memang butter bau dan rasa sangat khas susu.
Warnanya kuning cenderung pucat dan gampang lembek, apalagi disuhu ruang (25°).

Ada Dua rasa pada butter salted (asin) dan unsalted (tawar) silahkan dicek sebelum beli ya bun.
Butter juga baik buat yang sedang melakukan diet.
Contoh merk: wysman, orchid, hollman, achor, elle vire. Masih banyak lainnya. Halal ya.

 

2. MARGARIN.

Margarine ini yang sering kita sebut – mentega- padahal namanya MARGARIN. Diolah dari lemak nabati kelapa sawit, fungsinya tentu sebagai bahan kue ya,bukan pelembut bukan pengembang (krn ada bahan kue pelembut dan pengembang).

Warna asli margarin abu-abu, krn sdh diberi pewarna maka jadilah dia berwarna kuning dan lebih padat. Nah.. Ini yg biasanya kita beli diwarung yg dibungkus 1/4 an. Hehe.

Margarin rata-rata sudah ada rasa asin dikit ya.
Untuk yg sakit jantung jgn keseringan makan margarin ya, ganti dengan butter aja. Karena minyak trans
Contoh merk:blueband, palmia, filma dan lain-lain.

3. BOS.

Bos ini bukan bos perusahaan ya, bun 😁 Tapi Butter Oil Subtitute, seringnya kita salah paham klu ini roombutter. 😆

Dari apa? Dari LEMAK NABATI, disubtitusi dengan aroma susu dan daging, ada juga yang bilang ini butter kelas bawah (bos ini jenis kelaminnya gak jelas ya, bun krn dari lemak nabati, tapi bau butter 😁). Fungsinya apa? Sama masih bahan campuran kue bagi yang pengin bau butter dengan harga muraaahhh. Teksurnya lembek dan warnanya kuning cerah, kalau panas sedikit sudah berminyak banget. Soal rasa.. Jauh ya dari butter asli, Ini hampir tidak berasa cuma bau aja. Merk gold bullion, filma. Dan lain-lain.

 

Shortening adalah margarine putih4. Shortening

Shortening yang sering kita sebut margarin putih. Dari lemak nabati, tektur kokoh tak tertandingi makanya cocok buat campuran topping tart atau buat semacam pastry. Soal rasa ya tahu sendiri lah ya. Gendal. 🙂
Contoh merk: hampir sama dg margarin.

 

Demikian sedikit ulasan terkait “Perbedaan antara Margarine dan Mentega (Butter), Bos dan Shortening”, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.