Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Skripsi, Makalah atau Jurnal di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Skripsi, Makalah atau Jurnal di Microsoft Word

Daftar isi menjadi komponen wajib yang harus terdapat pada sebuah buku, skripsi, jurnal, ataupun makalah. Sayang tidak sedikit orang yang belum faham cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word sehingga mereka banyak membuang waktu untuk membuatnya secara manual.

 

Oleh karena itu kali ini kita mencoba untuk mengulas trik membuat daftar isi di Microsoft Word secara otomatis. Secara garis besar cara membuatnya hanya membutuhkan dua langkah. Langkah yang pertama adalah menentukan judul dan subjudul mana yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Yang kedua, perintahkan Word untuk membuat daftar isi berdasarkan judul dan subjudul tersebut.

Menentukan Judul dan Subjudul

Untuk membuat daftar isi yang sesuai standard, pertama-tama Anda harus menentukan terlebih dahulu mana judul dan subjudul dari tulisan Anda. Caranya, blok teks yang menjadi judul tersebut kemudian aplikasikan style Heading 1. Cara paling mudah membuat judul dengan style Heading 1 adalah sebagai berikut: Pada Word 2003 dan sebelumnya: klik Style box pada menu Formatting kemudian pilih Heading 1 Pada Word 2007, 2010, dan 2013: klik Heading 1 pada grup style di menu Home.

cara membuat dafta isi

Membuat Daftar Isi

Setelah menentukan judul dan subjudul yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi, maka kini saatnya kita membuat daftar isi tersebut. Terdapat beberapa perbedaan cara membuatnya pada Microsoft Word 2003 ke bawah dan Word 2007 ke atas.

Berikut adalah cara membuat daftar isi untuk Word 2003 dan sebelumnya:

  • Klik pada tempat kosong di mana Anda ingin meletakkan daftar isi.
  • Tampilkan jendela Table of Contents dengan cara buka Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan 2003).
  • Klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK. Sedangkan untuk Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:


Sedangkan untuk Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka References > Table of Contents
  • Pilih opsi pertama dan kedua yang ada di dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis berdasarkan judul dan subjudul yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Jika Anda ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan pilih opsi nomor 3. Opsi ini sangat tidak disarankan karena akan memakan banyak waktu dan pekerjaan kita sebelumnya ketika menentukan judul dan subjudul akan sia-sia.
  • Selain dua pilihan tersebut, Anda juga dapat memilih opsi “Custom Table of Contents” di bawahnya untuk membuat daftar isi sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka kini sebuah tabel daftar isi akan muncul di dokumen Anda. Daftar isi tersebut akan menampilkan judul dan subjudul yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika kurang puas dengan tampilan dan bentuknya, Anda dapat merubahnya dengan mengikuti tutorial selanjutnya. Jika Anda masih kebingungan, berikut Kami akan mendemonstrasikan cara membuat daftar isinya:

Buat Daftar Isi Manual di Microsoft Word

Di Word, Anda dapat membuat TOC berdasarkan bagian teks di paragraf tanpa mencakup keseluruhan paragraf. Anda bisa menandai teks menggunakan fitur Lead-in Emphasis dengan gaya tajuk untuk menyertakan teks di TOC.

Untuk menyisipkan daftar isi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Mulai Word, kemudian buka dokumen Anda.
  • Klik paragraf kosong yang ingin Anda sisipkan TOC.
  • Di menu Sisipkan, arahkan ke Referensi, lalu klik Indeks dan Tabel.

Catatan Di Microsoft Office Word 2007 atau di Word 2010, klik Daftar Isi di grup Daftar Isi pada tab Referensi. Lalu, klik Sisipkan Daftar Isi.

  • Klik tab Daftar Isi, lalu klik Tampilkan Kerangka Toolbar.

Catatan Di Word 2007 atau di Word 2010, lewati langkah ini.

  • Di kotak dialog Indeks dan Tabel, pilih opsi yang ingin Anda terapkan ke TOC Anda, lalu klik OK.

Catatan Di Word 2007 atau di Word 2010, pilih opsi yang ingin Anda terapkan TOC di kotak dialog Daftar Isi, lalu klik OK.

Catatan Jika teks yang terdapat di dokumen Anda tidak ditandai untuk disertakan di TOC, Anda akan menerima pesan kesalahan berikut di dokumen Anda, bukan TOC:

 

Semoga sedikit ulasan “Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Skripsi, Makalah atau Jurnal di Microsoft Word” bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Diolah dari beberapa sumber

 

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE