5 Fakta Tentang Wakaf Yang Perlu Menjadi Perhatian

Tidak banyak yang sudah mengetahui dampak dan manfaat dari wakaf bagi pergerakan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Berikut beberapa fakta menariknya

1. Emas Monas adalah Wakaf Teuku Markam.

Saudagar kaya asal Aceh bernama Teuku Markam dipercaya banyak orang sebagai salahsatu penyumbang atau pewakaf emas yang ada di Monas. Walaupun belum ditemukan dokumen resminya. Untuk kisah singkatnya bisa dibaca di “Profil Singkat Teuku Markam,”

2. Dana Tambahan Haji 20 M Bagi Jamaah Asal Aceh

Dana tambahan haji 20 M bagi warga Aceh ternyata hasil wakaf produktif dari Habib Bugak Asyi yang merupakan pengusaha dan ulama asal Aceh. Menurut cerita 200 tahun yang lalu beliau mengumulkan uang dari jamaah haji asal Aceh yang saat itu digunakan untuk membeli tanah di Mekkah yang sampai saat ini masih bisa digunakan oleh Jamaah Haji asal Aceh.

3. 1/3 APBN Turki Usmani adalah Hasil dari Wakaf

Pemanfaatan wakaf pada zaman Turki Usmani mencakup seluruh kehidupan masyarakat. Seperti mendirikan masjid, perpustakaan, rumah sakit, jalan raya, sumur, sekolahan dan lain sebagainya. Sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat muslim diberbagai lapisan masyarakat.

4. Rekening Utsman Bin Affan.

Ceritanya dahulu beliau Utsman Bin Affan pernah membeli sebuah sumur yang kemudian diwakafkan untuk umat Muslim, yang ternyata keuntungannya sangat besar.

Dari hasil tersebut kemudian dibelikan kebun kurma yang hasilnya diperuntukan untuk fakir miskin dan sisanya untuk ditabung. Yang saat ini masih ada dan terus bertambah. Yang salah satu peruntukannya untuk membangun hotel dan masjid di sekitar masjid Nabawi.

5. Potensi Wakaf Indonesia Capai 2000 T

Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai lembaga resmi yang mengurusi wakaf mencatat potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun dengan luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektare (ha). Sedangkan potensi wakaf uang bisa menembus kisaran Rp188 triliun per tahun.

Bagi yang ingin lebih tahu tentang wakaf bisa membaca “Pengertian Jenis, Hukum, dan Rukun Wakaf (disertai Manfaat Wakaf),”

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.