6 Produsen Vaksin Yang Disetujui Kemenkes Indonesia

Kabar gembira bagi dari dunia kesehatan, saat ini vaksin untuk Covid19 sudah mulai didistribusikan. Menurut kabar vaksin Sinovac sudah disimpan tempat miliki Bio Farma Bandung.

Perlu pembaca ketahui bahwa saat ini ada 6 produsen vaksin yang disetujui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, antara lain adalah

PT Bio Farma

Bio farma memiliki dua proyek vaksin antara lain vaksin Merah Putih yang masih diteliti oleh Lembaga Molekuler Eijkman dan vaksin dari Sinovac yang tengah dilakukan uji klinis tahap III ole Universitas Padjajaran (Unpad).

AstraZeneca

Perusahaan ini berasal dari Inggris menggandeng Universitas Oxford dalam proses mengembangkan vaksin. AstraZeneca menyatakan bahwa calon vaksinnya diujikan kepada 20.000 sukarelawan. Menurut keterangan tingkat keefektifannya sampai 70 persen.

Moderna

Telah mengajukan regulator untuk penggunaan obat darurat kepada regulator obat di Eropa dan Amerika Serikat. Moderna mnyatakan vaksinnya 94,5 persen efektif.Catatan virus ini harus disimpan dalam suhu -20 derajat Celsius.

Sinovac

Calon vaksini ini sudah diuji dibeberapa negara. Salah satunya Indonesia. Perusahaan asal China ini menamakan vaksinnya dengan CoronaVac.

Sinopharm

Vaksin ini juga berasal dari negara China. Sinopharm mengklaim bahwa pengguna vaksin ini tidak mengalami kasus Covid19 lagi.

Pfizer

Pfizer sudah mengajukan regulator untuk penggunaan obat darurat kepada regulator obat di Eropa dan Amerika Serikat. Perusahaan ini mengklaim mencapai 95 persen efektifitasnya. Catatanya virus ini harus tersimpan dalam suhu -70 derajat Celcius.

Demikian sedikit ulasan “6 Produsen Vaksin Yang Disetujui Kemenkes Indonesia.” semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.