Air Yang Bagus dan Sesuai Untuk Ternak Lele di Rumah

Lele atau ikan keli memiliki nama latin yang banyak. Salah satunya adalah Clarias batrachus. Lele hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki “kumis” yang panjang. Dalam kesempatan ini kita akan membahas Air Yang Bagus dan Sesuai Untuk Ternak Lele di Rumah.

Masyarakat Indonesia biasanya mengkonsumsinya dengan di goreng bersama disajikan dengan nasi.

Selain bisa bertahan lama, ikan ini viral diternak dengan ember di rumah saat pandemi. Bagi yang tidak biasa memelihara ikan tentu akan bingung dan mencari referensi agar ikan lelebisa bertahan lama hingga panen.

Salah satu elemen penting adalah air. Tidak ada air berarti tidak ada ikan karena air merupakan sarana ikan untuk berkembang. Antara ikan yang satu dengan yang lainnya memiliki ketahanan dan perlakuan yang berbeda dalam memberikan air. Yang paling dasar adalah pilihan antara air tawar dan air asin.

Berikut beberapa tips sederhana untuk mendapatkan air yang cocok bagi ikan lele, antara lain :

Tips Sederhana

  1. Biarkan air selama satu pekan terlebih dahulu sebelum dimasuki ikan lele kedalam
  2. Beri garam sedikit agar tidak murni lagi airnya
  3. Carilah air kolah yang sudah lama tergenang sebagai alternatif agar bisa langsung dipakai. Karena bukan air PDAM langsung

Untuk urutan dan langkah langkah ternak lele bisa membaca Tata Cara Ternak Lele.

Akibat Salah Air

  • lele akan banyak yang mati
  • Kesehtan ikan terganggu
  • Tidak bisa panen sesuai dengan harapan

Selain dua ponit diatas agar lele bisa berkembang sesuai harapan alangkah baiknya bilsa menggunakan pakan yang sesuai. Sangat dianjutkan menggunakan pelet atau pakan ikan yang biasanya dijual di stand alat pancing atau penyedia pakan ternak. Kisaran harganya sekitar 12 rb per kg.

Bila memang dirasa berhasil bisa melanjutkan ke langkah berikutna yaitu belajar budidaya lele secara modern. Tentu dengan catatan sudah menghasilkan dan mengetahui pasar dan berbagai resikonya.

Itu dulu beberapa tips agar airnya bisa digunakan untuk memelihara lele. Semoga bermanfaat. Dan tentunya bisa mendukung program ketahanan pangan. Semakin kita memanfaatkan lahan maka akan semakinbermanfaat.

Demikian sedikit ulasan “Air Yang Bagus dan Sesuai Untuk Ternak Lele di Rumah,” semoga bermanfaat

Baca juga website Tips Online

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.