7 Jenis Jus Buah Yang Paling Banyak diminati Masyarakat

Siapa disini yang tidak suka minum jus ? sebagian besar sudah bisa dipastikan akan menyukai minuman buah yang segar dan menyehatkan ini. Beberapa sumber menyebutkan banyak sekali manfaat mengkonsumsi jus buah secara rutin mulai dari memperlancar pencernaan, menambah stamina, vitamin dan juga manfaat lain yang melekat pada buah yang dipilih.

Beberapa waktu lalu kami sempat memperhatikan jus buah yang menjamur di pinggir jalan, apalgi dimusim kemarau minum us menjadi sangat nikmat. Beberapa orang lebih suka membeli dari pada membuat sendiri. Ditambah fasilitas ojek online memudahkan warga untuk menikmati minuman yang satu ini.

Setidaknya ada 5 jus yang sangat digemari masyarakat, tentunya berbeda wilayah akan berbeda pula pilihannya. Ini hanya sebata opini dari penulis saja.

  1. Alpukat
  2. Jambu
  3. Semangka
  4. Sirsak
  5. Tomat
  6. Mangga
  7. Wortel

Tentunya selain lima buah diatas banyak sekali varian yang ditawarkan, bahkan sekarang ada juga variasi campur buah. Satu menu bisa dua macam atau lebih buah yang dipesan.

  • Alpukat

Avokad (Persea americana) adalah nama lain dari alpukat, Tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Jus enak dan sehat alpukat paling diminati

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Untuk mengetahui manfaat alpukat silahkan kunjungi juga tulisan kami “manfaat buah alpukat.”

  • Jambu

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa.

Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya. (wikipedia).

Selain banyak ditemui jambu juga sangat nikmat dibuat jus. Biasanya ditambah susu dan gula secukupnya.

  • Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan.

Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci. (wikipedia).

Semangka ada dua macam biasanya yang berwarna merah dan warna kuning. Keduanya sama sama mengandung air yang cukup banyak sehingga segar klau diolah menjadi minuman jus. Manfaatnya juga bagus untuk kesehatan tubuh.

  • Sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) atau biasanya masyarakat menyebut nangka sabrang adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, “Nangko Belando” (Palembang).

Penyebutan “belanda” dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti “kantung asam”) didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Warna putih dan rasanya yang manis campur asam membuat sangat segar untuk diolah menjadi jus buah.

Pengertian, Kandungan, Jenis, Manfaat dan Khasiat Buah Sayur Tomat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Untuk lebih mengetahui tentang tomat, bisa membaca tulisan kami berikut ini “Pengertian, Kandungan, Jenis, Manfaat Dan Khasiat Tomat,”

  • Mangga

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi antara 10 hingga 40 m.

  • Wortel

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua.

Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Adapun untuk mengolah jus buah sebenarnya tidak terlalu rumit, seiring dengan perkembangan waktu saat ini minuman jus juga masuk ke industri dengan berbagai olahannya. Berikut urutan pengolahan sederhana membuat jus

  1. Pilih buah sesuai yang diinginkan
  2. Siapkan blender untuk mengolah
  3. Siapkan bahan bahan seperti gula, air, dan susu untuk campuran secukupnya
  4. Potong tipis tipis buah agar mudah diblender, buang kulit dan bijinya (kalau ada)
  5. Nyalakan blender masukan buah, air , gula dan susu (secukupnya)
  6. Tunggu sampai lebut (jangan biarkan melebihi kapasitas blender
  7. Sajikan menggunakan gelas besar dan campur dengan es secukupnya.

Demikian sedikit ulasan “7 Jenis Jus Buah Yang Paling Banyak diminati Masyarakat,” semoga bisa menginspirasi untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan agar sehat badanya, dan bermanfaat bagi semua pembaca.

jus buah
Comments (0)
Add Comment