Pengertian Sumber Daya Laut Dapat Pulih, Tak Dapat Pulih, Jasa Kelautan

Sumber daya laut atau sumber daya bahari Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Indonesia memiliki 75.000 km2 laut dengan 81.000 km garis pantai. Dengan potensi didalamnya setidak-tidaknya terdaat 950 spesies terumbu karang, 8.500 spesies ikan tropis, 555 spesies rumput laut, dan spesies padang lamun.

Dalam pembahasan tentang sumber daya laut Indonesia ini ada beberapa petensi antara lain

  • Sumber daya dapat pulih
  • Sumber daya tak dapat pulih
  • Jasa kelautan

Berikut beberapa penjelasannya. Dikutip dari buku “Pariwisata Bahari Nusantara”; karangan Adhyaksa Dault.

Baca juga “Mengenal Desa Wisata, Potensi Dan Dampak Ekonominya.”

Sumber daya dapat pulih

Sumber daya ini terdiri dari hutan bakau, terumbu karang , padang lamun dan tidak ketinggalan sumber daya ikan . Selain itu sekarang muncul juga sumber daya energi terbarukan, seperti ombak, arus pasang surut, dan OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion atau Konversi Energi Termal Kelautan).

Sumber Daya Alam Dapat Pulih Terumbu Karang

Sumber daya tak dapat pulih

Sumber daya ini meliputi seluruh mineral dan geologi yang ada di laut. Misalnya, minyak dan gas bumi, nikel, bijih dan pasir besi. Sumber daya jenis ini sudah menyumbang devisa yang cukup besar bagi negara. Tentu karena bisa habis perlu dibatasi dan tidak seenaknya mengexplorasi.

Jasa Kelautan

Jasa kelautan meliputi kawasan pesisir dan kelautan sebagai tempat rekreasi dan pariwisata, transportasi dan komunikasi, sarana penelitian dan pendidikan, pertahanan keamanan, pengatur iklim, dan kawasan konservasi atau perlindungan alam.

Seiring dengan kesadaran masyarakat yang terus bertumbuh khususnya potensi wisata kelautan dan pesisir ini juga bisa bersinergi dengan potensi desa-desa disekitar lokasi. Sehingga secara tidak langsung meningkatkan perekonomian disana.

Baca juga “Cari Tourism Center, Berikut Alamat Dinas Pariwisata Di Seluruh Indonesia.”

Negara Megabiodiversitas dan Konversi Sumber Daya Laut

Megabiodiversitas atau dengan kata lain adalah keanekaragaman hayati yang sanyat besar atau berlimpah. Kabarnya dari ratusan negara di dunia, ada 12 negara yang dikenal sebagai negara pemilik 70% keragaman hayati di dunia. Negara-negara tersebut adalah Australia, Brazil, China, Colombia, Ecuador, Amerika Serikat, India, Indonesia, Madagascar, Mexico, Peru and Kongo. Negara tersebut dikenal sebagai negara megabiodiversitas. Dan Indoensia dengan luas wilayah perairan menjadi salah satu negara megabiodiversitas

Konversi Sumber Daya Laut

Konversi sumber daya laut didefinisikan sebagai upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumberdaya laut, termasuk ekosistem, jenis, dan genetik untuk menjamin keberadaan, ketersediaan, dan kesinambungannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumberdaya laut.

Sumber dari buku “Pemuda dan Kelautan, Pariwisata Bahari Nusantara”; karangan Adhyaksa Dault. Penerbit Citra Aji Parama; Brainly ; Google

Demikian sedikit ulasan “Pengertian Sumber Daya Laut Dapat Pulih, Tak Dapat Pulih, Jasa Kelautan,” semoga bermanfaat

Bahari