Beberapa Hal Yang Sebaiknya Anda Dilakukan, Bila Tidak Diterima CPNS

Hampir setiap tahun fenomena pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau abdi negara di Indonesia masih terus banyak peminatnya. Untuk tahun ini menurut data yang kami peroleh ada sekitar 152.286 formasi yang diperebutkan jutaan orang di Indonesia, diprediksi bisa mencapai 5,5 juta untuk tahun ini.

Dengan skala rasio yang masih tinggi, tentu prosentase pendaftar yang kecewa lebih besar dibanding yang diterima. Sebagian besar hanya coba-coba, menambah pengalaman dan mencari keberuntungan. Bagi penulis yang tidak memiliki kemampuan akademik yang luar biasa memiliki pengalaman mengikuti beberapa tes mulai dari kabupaten hingga kementrian yang pernah ada. Tentu sudah bisa ditebak hasilnya. Tidak di terima.

Bagaimana sebaiknya bila kita tidak diterima CPNS

  • Ambil pelajaran dan hikmahnya.

Setiap yang kita lakukan merupakan ikhtiar terbaik dan bagian dari perjalanan hidup yang harus diperjuangkan. Tidak perlu kecewa. Ambil pelajaran dan hikmahnya. Nikmati setiap perjalanan dan episode pertemuan dengan sesama dari berbagai pelasok negeri.

  • Banyak peluang usaha lainnya.

Banyak orang tidak sadar akan peluang emas di sekitar dirinya. Jiwa wrausaha tentu harus ditanamkan sejak dini. Tidak perlu merendahkan profesi, karena semua profesi adalah mulia. Pedagang apapun yang penting halal, banyak juga yang sukses. Tidak harus menjadi PNS itu prinsip yang harus ditanamkan.

  • Carilah pekerjaan lainnya.

Bekerjalan sesuai dengan kemampuan anda, bila belum mampu usaha sendiri ikutlah teman atau saudara untuk bekerja. Jangan sampai waktu menunggu tidak melakukan aktifitas apapun. Karena akan menjadi pintu kegiatan negative. Pastikan diisi dengan kegiatan positif.

  • Bila ada rezeki bisa meneruskan studi

Perlu dicatat bahwa kuliah bukan jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih tinggi. Kuliah menurut kami sebagai sarana menambah relasi dan melatih komunikasi dengan jangkauan yang lebih luas tentunya.

  • Tambah skill sesuai dengan passion.

Kata siapa hobi dan kesenangan tidak bisa menghasilkan uang. Bahkan di era milenial justru hobi dan passion menjadi incaran banyak orang. Bisa mendalami fotografi, videografi, olahraga, seni dan  keahlian lainnya. Siapa tahu justru menjadi jalan rezeqi.

  • Silaturahim ke Orang tua, Guru dan Teman2

Pertama kita harus sungkem kepada orang tua, apalagi bila masih sehat. Kita punya kewajiban untuk berbakti. Justru wejangan dan doanya sangat kita tunggu tunggu. Agar setiap langkah kita diberikan kelancaran. Prinsip silaturahim menambah rizki memang benar adanya, melanjutkan ke para guru dan teman teman kita tidak ada salahnya.

  • Berdoa dan terus berikhtiar

Jangan lupakan doa, karena semua adalah bergantung dari pencipta alam raya. Sekeras-kerasnya kita berikhtiar kalau belum Allah takdirkan maka tidak bisa kita raih, sebaliknya kalau memang sudah rezeqi kita tentu akan kita meraihnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.