Biografi Amien Rais Tokoh Reformasi dan Mantan Ketua MPR RI

Biografi Amien Rais Tokoh Reformasi dan Mantan Ketua MPR RI

Prof. Dr. H. Muhammad Amien Rais atau sering dipanggil dengan Amien Rais merupakan tokoh reformasi kelahiran Surakarta Jawa Tengah. Tepatnya 26 April 1944, saat ini berusia 74 tahun. Amien Rais terkenal juga sebagai politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999—2004. Jabatan ini dipegangnya sejak ia dipilih oleh MPR hasil Pemilu 1999 pada bulan Oktober 1999.

Namanya mulai populer ke kancah perpolitikan Indonesia saat akhir pemerintahan Presiden Soeharto sebagai salah satu orang yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. Setelah partai-partai politik dihidupkan lagi pada masa pemerintahan Presiden Habibie, Amien Rais ikut mendeklarasikan salah satunya adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Ia menjabat sebagai Ketua Umum PAN dari saat PAN berdiri sampai tahun 2005.

Sebuah majalah pernah menjulukinya sebagai King Maker. Julukan itu merujuk pada besarnya peran Amien Rais dalam menentukan jabatan presiden pada Sidang Umum MPR tahun 1999 dan Sidang Istimewa tahun 2001. Padahal, perolehan suara partainya, PAN, tak sampai 10% dalam pemilu 1999.

Hingga saat ini Amien Rais juga terkenal sebagai bapak reformasi Indonesia, karena jasanya memimpin perubahan kekuasaan saat itu. Amien Rais juga pernah memimpin organisasi PP Muhammadiyah ke-12 pada tahun 1995-2000, seperti diketahui Muhammadiyah adalah organisasi Islam yang tertua dan bersama NU menjadi bagian dari masyarakat Muslim Indonesia.

2018

Jelang pilpres 2019, Amien Rais mengarahkan dukungannya kepada calon Presiden Prabowo dan Sandiaga Uno. Dalam perjalanannya ada beberapa kasus coba menjerat Amien Rais, salah satunya kasus hoaks Ratna Sarumpet yang menyeret tokoh ini, tepat tanggal 10 Okober 2018 Amien Rais berencana akan membeberkan beberapa kasus KPK yang belum diselesaikan bersamaan memberikan keterangan terkait kasus hoaks yang menimpanya.

Membuat Partai Baru

Setelah secara resmi keluar dari PAN partai yang telah mengantarkannya sebagai bapak reformasi dan eksis dipolitik hingga saat ini. Amien Rais berencana akan membuat partai baru.

Melalui Channel Youtube Amien Rais Official secara resmi Amien Rais menyampaikan akan membuat Partai baru Jum’at (10/09). Dalam paparanya beliau menyampaikan asas partai yaitu Islam Rahmatalil ‘alamin.

Partai baru Amien Rais bernama Partai Umat. Selain itu beliau juga menyampaikan semboyan partai yaitu lawan kedzaliman dan tegakan keadilan.

Biodata Singkat Amien Rais

  • Istri Kusnasriyati Sri Rahayu
  • Anak : Ahmad Hanafi Rais
  • Hanum Salsabiela Rais
  • Ahmad Mumtaz Rais
  • Tasnim Fauzia
  • Ahmad Baihaqi
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.