Biografi, Fakta dan Perjalanan Si-Genius Stephen Hawking

Biografi, Fakta dan Perjalanan Si-Genius Stephen Hawking

Stephen William Hawking  Lahir 8 Januari 1942 dan meninggal pada 14 Maret 2018. Tokoh yang satu ini terkenal sebagai fisikawan teoretis, kosmologi, pengarang, dan Direktur Penelitian Centre for Theoretical Cosmology di Universitas Cambridge.

Karya-karya ilmiahnya meliputi kolaborasi bersama Roger Penrose tentang teorema singularitas gravitasi dalam kerangka relativitas umum dan prediksi teori bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi (biasa disebut radiasi Hawking). Hawking adalah orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum. Ia adalah pendukung interpretasi multidunia mekanika kuantum.

Hawking adalah Anggota Kehormatan Royal Society of Arts (FRSA), anggota seumur hidup Pontifical Academy of Sciences, dan penerima anugerah Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat. Pada tahun 2002, Hawking menempati peringkat 25 dalam jajak pendapat 100 Greatest Britons oleh BBC. Ia menjabat sebagai Guru Besar Matematika Lucasian di Universitas Cambridge pada tahun 1979 sampai 2009. Ia dikenal sebagai penulis buku sains populer yang membahas teorinya sendiri dan kosmologi secara umum. Bukunya, A Brief History of Time, masuk daftar buku terlaris Britania Raya versi Sunday Times selama 237 pekan.
Hawking mengalami sklerosis lateral amiotrof (ALS) yang lambat, dini, dan langka (juga dikenal sebagai penyakit saraf motorik atau penyakit Lou Gehrig) yang melumpuhkan tubuhnya secara perlahan selama puluhan tahun.[18][19] Sepanjang hidupnya, ia berkomunikasi menggunakan satu otot pipi yang tersambung dengan alat bicara. Hawking meninggal dunia tanggal 14 Maret 2018 pada usia 76 tahun.

Fakta dan Perjalanan Si-Genius Stephen Hawking

Perjalanan Si-Genius Stephen Hawking

  • 1942

Lahir pada 8 Januar di Oxford, Inggris. Tepat 300 tahun setelah kematian astronom Galileo

  • 1962

Mendapat gelar sarjana fisika dari University of Oxford. Dia mulai melakukan penelitian dibidang  kosmologi dan hukum relativitas di University of Cambridge

  • 1963

Didiagnosa menderita penyakit saraf ALS (amyotrophic lateral sclerosis). Penyakit yang membuatnya harus menggunakan kursi roda sejak 1974. Pada tahun 1985, dia kehilangan suara.

  • 1965

Menikahi istri pertamanya Jane Wilde, dan memiliki tiga anak . Menikah kali kedua dengan Elaine Mason pada 2013.

  • 1968

Menemukan teori bahwa lubang hitam tidak hampa. Teori itu dikenal dengan Radiasi Hawking.

  • 1973

Menerbitkan buku akademis pertamanya bersama George Ellis. The Large Scale Structure of Space Time. Pada 1988 menerbitkan A Brief Hystory of Time yang terjual lebih dari 10 juta eksemplar. Black holes and Baby Universe and Other Essays serta The Universe in a Nutshell adalah dua buku lain yang populer.

  • 2009

Mendapat penghargaan tertinggi untuk warga sipil dari Amerika Serikat berupa Presidensial Medal of Freedom.

  • 2018

Meninggal pada 14 Maret 2018 pada usia 76 tahn di rumahnya di Cambridge,  Inggris

 

 

 

Semoga tulisan “Biografi, Fakta dan Perjalanan Si-Genius Stephen Hawking” bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.