Biografi Faradj Martak Pemilik Rumah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56

Dalam sejarah Indonesia. Ada satu tokoh yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia yang tidak disebutkan dalam buku pelajaran sekolah. Masih ingatkah hari pembacaan Proklamasi Indonesia ? dimanakah tempatnya ?

Faradj Martak Penghibah Rumah Jl Pegangsaan 56
Faradj Martak Penghibah Rumah Jl Pegangsaan 56

Faradj bin Said bin Awadh Martak atau disingkat Faradj Martak dikenal sebagai seorang saudagar Arab-Indonesia, yang mewakili NV. Marba telah berjasa dalam menghibahkan sebuah rumah di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 kepada Soekarno agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Republik Indonesia.

Faradj Martak lahir di Hadramaut pada tahun 1897 sebagai putra ketiga dari empat bersaudara, Djuslam, Muhammad, dan Ahmad. Setelah hijrah atau menetap di Indonesia, pada tahun 1940 keluarga Martak bersama keluarga Badjened merintis berdirinya N.V. Alegemeene Import-Export en Handel Martak Badjened (Marba), salah satu dari sedikit konglomerasi di Indonesia dengan Faradj Martak sebagai Presiden Direkturnya. Faradj memiliki putra bernama Ali bin Faradj Martak, yang dikenal dekat dengan Bung Karno dan menjadi penerus usaha ayahnya

Di rumah bersejarah dan dipelajari sejak Sekolah Dasar (SD) ini Jalan Pegangsaan Timur No. 56 terkenal menjadi tempat pembacaan Proklamasi. Disana Fatmawati menjahit sendiri Bendera Merah Putih pada malam sebelum proklamasi.

Keesokan harinya, 17 Agustus 1945, rumah tersebut dijadikan tempat dikumandangkannya naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, lengkap dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih

Surat Ucapan Terima Kasih dari Sukarno Kepada Faradj Martak
Surat Ucapan Terima Kasih dari Sukarno Kepada Faradj Martak

Dalam sejarah Presiden pertama Soekarno jug apernah memberikan surat ucapan terima kasih kepada Faradj Martak dengan menggunakan tulisan tangan, seperti dikutip diatas dari Wikipedia.

Surat penghargaan pemerintah untuk Faradj Martak
Surat penghargaan pemerintah untuk Faradj Martak

Surat penghargaan juga pernah diberikan pemerintah Indonesia untuk Faradj Martak selaku penghibah rumah untuk Soekarno dan tempat bersejarah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.