Biografi Pahlawan Adenan Kapau Gani

Adenan Kapau Gani yang bernama lengkap Dr. Adnan Kapau Gani lahir di Palembayan, Agam, Sumatra Barat, pada tanggal 16 September 1905. Beliau meninggal pada 23 Desember 1968 di Palembang, Sumatera Selatan. (Pada umur 63 tahun)

Ayahnya adalah seorang guru. Ia menyelesaikan pendidikan awalnya di Bukittinggi pada tahun 1923. Kemudian ia pergi ke Batavia untuk menempuh pendidikan menengah dan mengambil sekolah kedokteran. Adnan meneruskan ke sekolah tinggi kedokteran STOVIA di Jakarta. Sayangnya, sekolah ini pada 1927 ditutup, sehingga Adnan harus melanjutkan sekolah ke AMS (setingkat SMA zaman Belanda) hingga lulus pada 1928. Setahun kemudian, Adnan masuk Sekolah Tinggi Kedokteran (Geneeskundige Hoge School/GHS) Jakarta, dan baru lulus pada 1940.

Setelah lulus dari STOVIA Adenan melanjutkan terjun ke dunia politik dengan menjadi Jong Sumateranen Bond dan pernah menjabat anggota Konstitunte Indonesia saat lembaga ini pertama kali didirikan. Tercatat Adenan Kapau Gani menjadi anggota Gerindo (Gerakan Rakyat Indonesia) bersama Muhammad Yamin, Amir Syarifoeddin dan Adam Malik. Selain itu beliau juga menjabat sebagai Gubernur Militer Sumatera Selatan saat periode revolusi fisik melawan Agresi Militer Belanda. Catatan lain menyebutkan beliau juga masuk ke dalam anggota delegasi Perundingan Linggarjati tahun 19546.

Di Pemerintahan Indonesia, beberapa kali Adenan Kapau Gani menduduki kursi menteri. Debut beliau bermula di Masa Kabinet Syahrir III dan sebagai Menteri Ekonomi. Beliau juga menjabat wakil perdana menteri dan merangkap sebagai Menteri Kemakmuran pada masa pemerintahan Amir Syarifuddin (3 Juli 1947-29 Januari 1948).

Gelar Pahlawan.

Untuk mengenang jasa-jasanya, pada tanggal 9 November 2007 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional Indonesia kepada A.K. Gani. Gelar ini diterimanya bersama dengan Slamet Rijadi, Ida Anak Agung Gde Agung, dan Moestopo berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 66/2007 TK. Selain itu namanya juga diabadikan sebagai nama rumah sakit di Palembang, Rumah Sakit AK Gani dan nama ruas jalan beberapa kota di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.