Jenis Batuan Beku, Sedimen, Metamorf Serta Kegunaannya

Batuan adalah salah satu sumber daya alam yang terkandung di dalam bumi yang jumlahnya sangat besar. Batuan sendiri terbentuk melalui proses yang sangat panjang.

Bermacam-macam cara terbentuknya. Ada yang terjadi dari pembentukan lava, endapan atau proses sedimen dari air sungai dan air laut.

Batuan terdiri dari 3 macam yaitu

  • Batuan Beku
  • Batuan Sedimen
  • Batuan Metamorf

Batuan Beku

Batuan beku adalah batuan yang berasal dari lava yang mebeku, adapun macam-macamnya ada :

Foto Ilustrasi Batu Obsidian Warna Gelap
Foto Ilustrasi Batu Obsidian Warna Gelap

a. Batu Obsidian : terbentuk dari lava yang membeku secara lama. Warnanya gelap seperti kaca dan tidak ada kristal-kristal.

Ilustrasi Batu Granit Warna Putih Susu
Ilustrasi Batu Granit Warna Putih Susu

b. Batu granit : terbentuk dari lava yang membeku secara cepat, warnanya putih hingga abu-abu. Terdiri atas kristal-kristal kasar

Foto Batu basalt Asli Warna Abu-abu
Foto Batu basalt Asli Warna Abu-abu

c. Batu basalt : terbentuk dari lava yang membeku di dasar laut terdiri dari kristal-kristal yang sangat kecil, berwarna hitam keabu-abuan dan banyak lubang

d. Batu Breksi : terbentuk dari pecahan-pecahan batuan gunung berapi yang terlempar dan bersatu. Warnanya terang seperti kaca dan kwarsa.

e. Batu Apung : Batu apung terbentuk dari pendinginan magma yang bergelembung-gelembung gas, atau dari lava yang membeku . Ciri-ciri batu apung adalah warna keabu-abuan, berpori-pori, bergelembung, beratnya ringan serta terapung dalam air.

Batuan Sedimen

Batuan sedimen adalah batuan yang terjadi dari endapan bahan yang berasal dari kikisan batuan lain. Macam-macam batuan sedimen antara lain :

a. Batu Konglomerat : terbentuk dari kerakal yang terekatkan.

b. Batu pasir : terbentuk dari butir-butir pasir yang mendapat tekanan dari proses sedimentasi (ciri berlapis-lapis).

c. Batu serpih : terbentuk dari geluh dan tanah liat yang terikat oleh semen alami.

d. Batu Kapur : terbentuk dari cangkang dan hewan laut dan karang.

Batuan Metamorf

Batuan metamorf adalah batuan yang mengalami perubahan karena tekanan dan suhu tinggi dalam waktu yang sangat lama. Macam macam batuan meramorf sebagai berikut :

a. Batu Marmer (Batu Pualam) : terbentuk dari batuan sedimen yang mengalami perubahan karena tekanan dan suhu yang tinggi.

b. Batu tulis (Batu Sabak) : terbentuk dari batu serpih yang mengalami perubahan karena suhu dan tekanan yang tinggi sehingga menjadi batu tulis yang keras.

Tabel Ciri-Ciri dan Kegunaan Batuan

Kegunaan Batuan
Kegunaan Batuan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.