Kenalan Dengan Provinsi Termuda Indonesia Papua Barat Daya Yuk

0

INITU.ID – Halo sobat INITU, sudah pada tahu apa belum kalau ternyata per 1 April 2024 ini Indonesia sudah memiliki 38 Provinsi lohh

Buat kamu yang generasi 80 an 90 an pasti hafalnya cuman 33 saja kan ? atau bahkan ada nih yang gak hafal.

Nah seperti biasanya, untuk menambah wawasan kita akan sharing sharing ilmu yang bermanfaat yaa.

Ternyata sejak 8 Desember 2022 berdasarkan UU No. 29 Tahun 2022 maka dibentuklah provinsi terakhir atau yang ke 38 namanya Provinsi Papua Barat Daya dengan Ibu Kota Sorong

Dengan luas wilayah 39.167 km2 Provinsi Papua Barat Daya memiliki poteni alam yang menjadi sorotan dunia, seperti Raja Ampat yang sudah menjadi lokasi kunjungan turis dari luar negeri. Dari data BPS tertanggal 31 Desember 2023 Provinsi Papua Barat Daya memiliki penduduk sekitar 613.180

Provinsi Papua Barat Daya dipimpin oleh Gubernur pertama yang bernama Muhammad Musa’ad, seorang akademisi dan birokrat asli Papua atau tepatnya di daerah Fakfak.

Sudah tau kan sekarang jumlah provinsi dan provinsi termuda di Indonesia sobat ?

peta Provinsi Papua Barat Daya
peta Provinsi Papua Barat Daya

Kalau dilihat Peta diatas, gampangnya lokasi Provinsi Papua Barat Daya adalah yang paling atas sebelah kiri ya gaess.

Setelah mengetahui sejarah dan peta Papua Barat Daya, yuk kita kenali juga lambang provisi seperti diatas. Berikut makna Logo Provinsi Papua Barat Daya yang kita kutip dari website official papuabaratdayaprov.go.id :

  • Perisai

Bentuk ukuran perbandingan 4:3; dan Logo Perisai sebagai lambang pelindung yang memiliki makna Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya melindungi dan mengayomi seluruh masyarakat.

  • Bintang

Berwarna Putih, menggambarkan kepercayaan yang teguh dan luhur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

  • Padi dan Kapas

Melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Padi dan Kapas juga melambangkan waktu terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya.

Daun kapas berjumlah 9 artinya tanggal 9, Bulir kapas berjumlah 12 artinya bulan Desember. Bulir padi sebelah kiri berjumlah 20 dan Bulir Padi sebelah kanan berjumlah 22 artinya Tahun 2022

  • Kain Adat

Padi dan kapas diikat oleh Kain Adat yang merupakan fokus budaya masyarakat di Kepala Burung Papua. Kain adat memiliki multifungsi yang mempersatukan masyarakat Doberai di Provinsi Papua Barat Daya.

  • Kepala Burung Cendrawasih Wilson

Menunjukkan Provinsi Papua Barat Daya terletak di wilayah Kepala Burung (Vogel Kop) Peta Pulau Papua. Burung Cenderawasih merupakan burung endemik Papua Barat Daya.

Kepala Burung Cenderawasih menengok ke kiri sesuai Peta Pulau Papua dan searah pandang Garuda Pancasila. Kepala Burung Cenderawasih melambangkan Pemerintah Papua Barat Daya sebagai perangkat penyelenggara negara, pemerintahan, pembangunan dan Pembina kemasyarakatan.

  • Rantai

Rantai melambangkan persatuan dan kesatuan masyarakat di Provinsi Papua Barat Daya.

  • Rumah Kaki Seribu

Merupakan Rumah Adat wilayah budaya Doberai Papua yang memiliki multi fungsi bagi masyarakat Papua Barat Daya. Provinsi Papua Barat Daya menjadi rumah besar bagi seluruh masyarakat Indonesia dan Manca Negara.

  • Gunung, Laut, dan gugusan Pulau

Menggambarkan zona ekologi wilayah Papua Barat Daya yang memiliki kekayaan alam melimpah dan mempesona. Gugusan Pulau-Pulau juga melambangkan bahwa Papua Barat Daya memiliki wilayah kepulauan yang indah dan telah menjadi daerah destinasi wisata dunia.

Wah ternyata penuh dengan makna ya…logonya sobat, membuat kita jadi lebih faham kan ?

Selanjutnya nulis apa lagi ya, yang request bisa tulis dikolom komentar, semoga sehat dan bermanfaat selalu sobat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.