Bacaan Semua Kalangan

Manfaat dan Keunggulan Madu Bagi Kesehatan Tubuh

0

Madu sudah populer sejak lama. Sudah lebih dari 1.400 tahun yang lalu, Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit.

Madu sering kita jumpai sebagai hidangan tambahan yang nikmat. Biasanya dicampur roti dan buah dalam mengkonsumsinya. Tidak jarang juga madu digunakan sebagai obat, bahkan rutin dikonsumsi.

Kisah Nabi

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, “Bahwa ada seorang laki-laki yang datang menemui Nabi Muhammad Saw. Lelaki itu mengadu, ‘Saudaraku terserang penyakit perut melilit.’ Maka, beliau bersabda, ‘Minumkan Madu!’ mendengar sabda Nabi tersebut lelaki itu lalu pulang ke rumahnya. Tak lama kemudian ia kembali datang dan berkata, ‘Sudah kuminumkan madu, tetapi belum juga sembuh.’

Dikisahkan bahwa lelaki tersebut kemudian pulang dan kembali lagi hingga dua atau tiga kali. Setiap ia kembali, Rasulullah Saw selalu bersabda, ‘Minumkan madu.’ Hingga pada kali yang ketiga atau keempat, beliau menambahkan, ‘Sungguh Maha Benar Allah, dan sungguh perut saudaramu yang berdusta.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Manfaat dan Keunggulan Madu Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Keunggulan Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Tapi, tahukah Anda? Madu ternyata banyak sekali manfaat dan kegunaannya bagi tubuh. Berikut beberapa faktanya

1. Efektif untuk melawan resistensi bakteri jahat atau bersifat antibiotik.

Profesional medis dalam American Chemical Society (ACS) membuktikan bahwa madu mampu melawan infeksi bakteri pada beberapa tingkat. Kepala peneliti, Susan M Meschwitz mengatakan bahwa madu mengandung hidrogen peroksida, asam, efek osmotik, konsentrasi gula yang tinggi, sehingga bisa menarik sel-sel bakteri dan membunuh mereka.

2. Madu juga efektif menghambat pembentukan biofilm.

Madu diketahui efektif menghambat biofilm atau komunitas bakteri penyebab penyakit berlendir.

“Madu juga menghancurkan quorum sensing yang melemahkan virulensi bakteri yang lebih ampuh dibandingkan antibiotik konvensional,” ujar Meschwitz, dilansir dari Medical News Today, Selasa (1/4).

Quorum sensing adalah cara bakteri berkomunikasi satu sama lainnya yang membentuk biofilm. Pada bakteri tertentu, sistem komunikasi ini bisa mengontrol pelepasan racun yang memengaruhi patogenesis bakteri atau kemampuan bakteri menyebabkan penyakit.

Meschwitz mengatakan keuntungan lain madu memiliki sifat antioksidan. Tim peneliti memisahkan dan mengidentifikasi berbagai senyawa polifenol antioksidan. Madu efektif melumpuhkan bakteri E. coli, S. aureus, dan P. aeruginosa.

3. Madu dapat Menyerap Lemak dengan Baik

Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah.

Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

4. Mengontrol Berat Badan

Madu ternata bisa mengontrol berat badan kita. Salah satu hasil studi yang dilakukan Universitas San Diego State mendapati bahwa mengganti gula biasa dengan madu tak hanya bisa membantu mengontrol berat badan, akan tetapi juga dapat menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan trigliserida madu lebih sedikit dibandingkan gula pasir.

Studi ilmiah lainnya, dilakukan Universitas Wyoming menemukan bahwa madu asli bisa mengaktifkan hormon penekan nafsu makan. Jadi kalau Anda ingin kurus, maka segera ganti pemanis yang biasa dipakai dengan madu asli. (HelloDoc) .

5. Sumber Energi

Madu asli secara umum mengandung 80% gula alami, 18% air, 2% protein, pollen, serta beragam vitamin serta mineral. Berdasarkan kandungan tersebut, tidak ada salahnya kalau madudigunakan sebagai sumber energi tubuh.

Karena sifat madu yang mudah diserap tubuh, maka sangat cocok dikonsumsi saat makan pagi ataupun sebelum dan sesudah olahraga. Hasil pembelajaran dari University of Memphis Exercise and Sports Nutrition Laboratory menunjukkan madu bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat terbaik untuk dikonsumsi sebelum berlatih (HelloDoc).

Selain manfaat diatas, ada juga beberapa yang perlu diperhatikan secara medis sebagai berikut.

  1. Bayi di bawah usia satu tahun sebaiknya tidak diberi madu karena kemungkinan dapat mengalami botulisme(keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum). Keracunan makanan jenis ini bisa mematikan, bagaimanapun, tampaknya hal tersebut hanya mempengaruhi bayi di bawah usia satu tahun.
  2. Jika anda memiliki alergi terhadap tanaman tertentu, maka anda harus memastikan bahwa madu yang anda konsumsi tidak diproduksi dari tanaman itu.
  3. Orang-orang yang alergi terhadap sengatan lebah harus berhati-hati saat menggunakan produk terkait lebah lainnya seperti propolis atau royal jelly.

DEmikian sedikit ulasan “Manfaat dan Keunggulan Madu Bagi Kesehatan Tubuh,” semoga bermanfaat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.