Bacaan Semua Kalangan

Mengenal Manfaat, Harga Tabung Oksigen dan Berapa Lama Pengisian

0

Ada salah satu obyek yang selalu dekat dengan kita namun dalam kondisi normal terkadang tidak mensyukurinya. Apakah itu ? Ya bener itu adalah oksigen. Dalam kondisi tidak normal seseorang akan membutuhkan oksigen yang dimasukan kedalam tabung oksigen dengan cara dihirup melalui bantuan selang.

Pengertian oksigen

Oksigen atau zat asam, dahulu kadang kala disebut juga sebagai zat pembakar, adalah unsur kimia yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Dalam tabel periodik, oksigen merupakan unsur nonlogam golongan VIA (kalkogen) dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida).

Huruf O sebagai tanda untuk Oxygenium adalah suatu lambang yang sudah lazim dipakai dalam ilmu kimia hingga sekarang. Secara ilmiah, oksigen pertama kali ditemukan oleh Joseph Priestley, ilmuwan Inggris. Hampir bersamaan dengan penemuan Priestley, ilmuwan Swedia yang bernama Scheele juga telah menemukan gas itu.

Sedangkan, nama Oxygen diberikan oleh Antoine Lavoiser, ilmuwan Perancis yang terkenal pada zaman itu. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa (setelah hidrogen dan helium) dan unsur paling melimpah di kerak Bumi. Berdasarkan volume, 20,9% atmosfer bumi adalah oksigen.

Sifat Fisik

Pada temperatur dan tekanan standar, oksigen adalah gas yang

  • tidak berwarna,
  • unsur yang tidak berbau, dan
  • tidak berasa

dengan rumus molekul O2, yang disebut sebagai dioksigen, di mana dua atom oksigen secara kimiawi berikatan dengan konfigurasi elektron triplet spin. Ikatan ini memiliki orde ikatan dua dan sering dijelaskan secara sederhana sebagai ikatan ganda ataupun sebagai kombinasi satu ikatan dua elektron dengan dua ikatan tiga elektron.

Dikutip dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang penggunaan gas medik dan vakum medik pada fasilitas pelayaan kesehatan, ada beberap aistilah yang bisa digunakan antara lain dari pasal 1 ayat 4

Oksigen Konsentrator adalah mesin pemisah Oksigen diudara (21%) dengan Nitrogen diudara (78 %) dan gas lainnya (1 %). Keluaran mesin ini adalah Oksigen dengan konsentrasi minimal 90%.

Dalam bab 2 pasal 2 ayat 2. Gas Medik murni sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
meliputi:

a. oxygen (O2);
b. dinitrogen oksida/nitrous oxide (N2O);
c. nitrogen (N2);
d. karbon dioksida (CO2);
e. helium (He);
f. argon (Ar);
g. udara tekan medik (medical compressed air); dan
h. udara tekan alat (instrument air).

Manfaat Oksigen

Oksigen murni dalam tabung oksigen yang kita kenal selama ini memiliki berbagai manfaat. Dikutip dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Semarang, beberapa manfaat oksigen murni dalam tabung oksigen yaitu:

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh
  2. Mengganti jaringan tubuh yang rusak
  3. Mempercepat penyembuhan luka
  4. Menghambat penuaan

Saat ini banyak sekali permintaan tabung oksigen seperti dijelaskan di awal tulisan ini.

Harga Tabung Oksigen

Secara umum kurang lebih harga oksigen adalah sebagai berikut dikutip dari web cermati sebagai berikut

Ukuran Tabung OksigenEstimasi Harga
Oxycan 500 ccRp50 ribu hingga Rp300 ribu
Tabung oksigen 1 m3Rp785 ribu hingga Rp2,8 juta
Tabung oksigen 1,5 m3Rp2 juta hingga Rp3,5 juta
Tabung oksigen 2 m3Rp2,2 juta hingga Rp5,5 juta

Dalam kondisi tidak normal saat ini banyak yang menaikan harga dengan nilai yang tidak normal. Semoga selanjutnya tidak lagi terjadi oknum oknum yang memanfaatkan momen seperti saat ini.

Lama Waktu Pengisian Oksigen

Dari pengalaman kami yang mengisi oksigen di sebuah pabrik untuk ukuran 1,5 m3 bisa mencapai 1 jam. Namun ada juga yang lebih cepat dari tersebut.

Setidaknya dengan mengetahui waktu pengisian tersebut bisa memperkirakan harus menyiapkan waktu berapa lama sehingga dalam kondisi darurat bisa sebaik baiknya memanfaatkan.

Demikian sedikit ulasan “Mengenal Manfaat, Harga Tabung Oksigen dan Berapa Lama Pengisian.” semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.