Mengenali Fakta Menarik Black Box Pesawat

Pasca kejadian jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak awal tahun 2021 ini, berbagai media ramai memberitakan tentang proses penemuan “black box”. Berikut kita akan bahas beberapa tema tentang “Mengenali Fakta Menarik Black Box Pesawat.”

Black Box Adalah

Black box atau kotak hitam adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Pada faktanya kotak hitam atau black box ini sebenarnya berwarna terang menyala atau cerah agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian. Umumnya warnanya orange.

Penemu Black Box

Orang yang pertama kali menemukan alat rekaman black box bernama DR David Warren berasal dari negara Australia. David adalah peneliti di Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Melbourne pada 1954. Ia menemukan alat tersebut karena ayahnya korban jiwa akibat kecelakaan pesawat di Selat Bass pada tahun 1934, saat David masih berusia sembilan tahun.

Bagian Black Box

Black box terdiri dari dua bagian peralatan perekam data penerbangan, CVR (Cockpit Voice Recorder) dan FDR (Flight Data Recorder).

FDR bertugas untuk terus merekam beragam data tentang semua aspek pesawat saat terbang dari satu tempat ke tempat lain. Sementara CVR merekam percakapan di dek penerbangan dan suara-suara seperti transmisi radio dan alarm otomatis.

Fungsi Black Box

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Warna sesungguhnya dari black box adalah orange dengan tujuan agar mudah untuk ditemukan apabila terjadi bencana yang tidak diinginkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.