Pengertian dan Perbedaan Kepribadian Introvert dan Ekstrovert

Dalam pergaulan seringkali kita tidak ada masalah dengan teman, cenderung banyak teman dan mudah bergaul. Namun tidak sedikit pula yang lebih memilih menjadi pendiam dan tidak banyak teman. Itu sedikit gambaran kepribadian yang ada dalam lingkungan pergaulan kita, sehingga muncul dua sebutan Introvert dan Ekstrovert

Apa sebenarnya pengertian Introvert dan Ekstrovert ?

Manusia dengan kepribadian introvert cenderung menutup diri dari dunia luar. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial, lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara 1 on 1 interaction.

Keunggulan dari tipe kepribadian ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, mereka adalah pendengar yang baik, dan bersikap analitis.

Extrovert

Sementara itu kepribadian ekstrovert cenderung lebih membuka diri terhadap dunia luar. Mereka menyukai keramaian, dengan banyak interaksi dan aktivitas sosial. Tipe kepribadian ini lebih mudah mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, mudah bosan dengan kesendirian, dan lebih senang bercerita daripada mendengarkan.

Keunggulan dari tipe ekstrovert adalah kepercayaan diri antusiasme yang tinggi, mudah bergaul, aktif, dan dapat berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Sehingga tidak heran type ini lebih banyak teman dan mudah bergaul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.