Bacaan Semua Kalangan

Pilih Software Payroll Karyawan Atau Payroll Outsourcing

0

Pilih Software Payroll Karyawan Atau Payroll Outsourcing ?

Penggajian perusahaan merupakan salah satu tugas HRD yang dikenal memakan waktu lama dan rumit. Mengapa demikian? Umumnya hal ini disebabkan karena banyaknya komponen penggajian dan jumlah karyawan di perusahaan. Tak jarang ada berbagai masalah dalam penggajian seperti telat gaji dan salah hitung gaji. Untuk mengatasinya, perusahaan bisa menggunakan software payroll karyawan.

Namun begitu, kini ada juga berbagai macam vendor yang menawarkan jasa payroll outsourcing services. Sebenarnya, apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Mana sebenarnya paling pas di perusahaan Anda? Untuk lebih lengkap, mari kita simak ulasan berikut ini!

Apa Perbedaan Software Payroll Karyawan dan Jasa Payroll Outsourcing Service?

Istilah payroll yang merujuk ke penggajian karyawan tentu tidak asing bagi HRD. Jadi, software payroll adalah sebuah perangkat lunak yang dapat menyimpan, mengolah, memproses informasi penggajian menjadi gaji bersih yang siap diterima karyawan. Biasanya salah satu staff HRD akan bertanggung jawab untuk mengoperasikan perangkat lunak ini.

Sama-sama payroll, apa bedanya dengan jasa payroll outsourcing services? Sebenarnya, baik software payroll dan payroll outsourcing sama-sama memproses gaji karyawan. Hanya saja, jasa payroll outsourcing services dilakukan oleh pihak ketiga selaku vendor penyedia jasa. Perusahaan cukup memberikan informasi karyawan kepada vendor dan tinggal menerima hasil akhir perhitungan gaji tiap bulan.

Mana yang Lebih Pas untuk Perusahaan, Software Payroll atau Payroll Outsourcing?

Setelah membaca penjelasan singkat di atas, mungkin sebagian dari Anda mulai tergelitik dan berpikir mana yang lebih tepat di antara software payroll dan jasa payroll outsourcing services? Sebenarnya hal tersebut tergantung kebutuhan dan kondisi perusahaan. Jika perusahaan Anda lebih suka mengelola semua informasi termasuk pengajian secara internal, maka menggunakan software payroll karyawan menjadi pilihan yang tepat.

Di sisi lain, jika kondisi perusahaan Anda memiliki jumlah staff HRD yang sangat terbatas, menggunakan jasa payroll services adalah pilihan yang baik. Perusahaan hanya tinggal menunggu hasil jadi tiap bulannya dan HRD yang jumlahnya terbatas pun bisa fokus untuk kegiatan pengembangan karyawan supaya bisnis perusahaan kian meningkat pesat.

Akan tetapi, bukan berarti jasa payroll outsourcing tidak mumpuni, loh! Anda bisa memilih jasa payroll outsourcing yang menjamin semua keamanan dan kerahasiaan informasi client. Contohnya adalah LinovHR. Sebagai vendor jasa payroll outsourcing services berpengalaman, LinovHR dipercaya dalam mengelola data penggajian karyawan. Client LinovHR sendiri berasal dari berbagai macam industri.

Baik menggunakan jasa payroll outsourcing dan software payroll dapat menguntungkan perusahaan dari segi efektifitas dan efisiensi manajemen penggajian karyawan. Perusahaan Anda bisa mencari tahu lebih dulu bagaimana kondisi dan kebutuhan dalam perusahaan, sehingga baik jasa dan perangkat lunak yang digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.