Referensi Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Timur

0

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang beribu kota di Samarinda menyimpan potensi wisata yang tak kalah menakjubkan dibandingkan provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Provinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi. Luas total Kalimantan Timur adalah 127.346,92 km² dan memiliki populasi sebesar 3.575.449 jiwa (2017).

Di sebelah timur Provinsi Kalimantan Timur, membentang langsung Selat Makassar yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi.  Wisata Kalimantan Timur banyak memiliki kekayaan flora dan fauna, terdapat sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan dan hewan yang bisa ditemui di wilayah ini.

Hutan yang ada di Pulau Kalimantan, termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur, bahkan menjadi paru-paru dunia berkat luas wilayah dan rimbunnya vegetasi yang tumbuh disana.

Tidak heran bila disana juga masuk dalam nominasi lokasi ibu kota baru yang digagas dan rencanannya akan segera dieksekusi, setelah ada kajian yang mendalam.

Berikut beberapa lokasi wisata yang bisa anda kunjungi dan nikmati di Kalimantan Timur

Danau Jempang

Wisata Kalimatan Danau Jempang
Wisata Kalimatan Danau Jempang

Danau Jempang berada tepat di Kabupatane Kutai Barat. Danau Jempang adalah danau terbesar diantara 76 danau lain yang terdapat di sepanjang tepian alur Sungai Mahakam.

Danau ini memeiliki kedalaman hingga 7-8 meter dengan beragam kekayaan flora dan fauna yang tumbuh disekitar danau. Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata kebangaan rakyat Kalimantan Timur berkat fenomena alamnya yang unik.

Setiap 5 tahun sekali, Danau Jempang akan mengering sampai tampak seperti gurun pasir. Benar-benar kering tak ada air setetes pun. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan fenomena alam danau ini dan berbondong-bondong datang melihatnya.

Silahkan bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata alami bisa datang ke danau jempang

Batu Dinding

Batu Dinding merupakan gugusan batu kapur putih yang menjulang memagari Sungai Mahakam Ulu. Batu dinding memiliki panjang dinding batu ini berkisar lebih dari 800 meter dengan ketinggian antara 100-200 meter.

Dinding batu ini terlihat kokoh bagai tembok raksasa dan sering dijadikan sebagai spot untuk mengambil gambar yang unik dan menarik, sehingga populer dengan sebutan wisata batu dinding.

Lokasi Wisata Batu Dinding ini ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk menuju kesana, wisatawan dapat berangkat dari Balikpapan menyusuri jalan raya menuju ke Samarinda.

Sepanjang perjalanan menuju Batu Dinding, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam yang sangat asri dan cantik dengan rimbunan hutan, tanaman anggrek liar di sepanjang jalan, dan pemukiman rumah-rumah adat yang didiami penduduk asli Kalimantan di sepanjang pesisir sungai Mahakam.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasi Taman Rekreasi Lembah Hijau ini berada tepat di pusat keramaian ibu kota provinsi yaitu Samarinda, persisnya bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda.

Taman lembah hijau ini merupakan objek wisata alam yang memiliki banyak atraksi menarik wisatawan di Kalimantan Timur seperti replika hutan lengkap dengan berbagai jenis kayu khas hutan Kalimantan yaitu rotan, kolam pemancingan, pendopo, dan kafetaria yang bisa digunakan untuk bersantai melepas lelah setelah berkeliling taman.

Taman ini juga memiliki arena camping ground dimana wisatawan dapat berkemah disini lengkap dengan tempat penyewaan alat berkemah dan segala perlengkapannya.

Fasilitas outbond dan wahana permainan seperti flying fox, waterboom, dan jarring panjat juga tersedia. Tiket masuk ke taman ini adalah Rp 5.000/orang dan bila ingin menikmati fasilitas outbondnya wisatawan dikenakan biaya Rp 180.000/orang.

Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit adalah objek wisata yang terletak di Kabupatan Paser. Liang Mangkulangit atau disebut juga Goa Mengangkat Langit adalah sebuah gunung batu yang fungsinya menjadi dinding dana tap bagi Sungai Kandilau.

Kemegahan dinding batu dan tebingnya yang tinggi sungguh menawan mata, apalagi kawasan ini masih alami sehingga areal hutannya banyak dihuni oleh satwa-satwa liar dan pohon-pohon tropis yang indah. Bebatuan di sepanjang Liang Mangkulangit ini banyak ditumbuhi lumut hijau dengan hiasan alami tetesan air yang jatuh di sela bebatuan sehingga menimbulkan pemandangan eksotis yang menakjubkan.

Untuk menuju ke kawasan ini, dari Kota Balikpapan dibutuhkan waktu selama 5 jam. Pengunjung dapat mencapai kawasan ini dengan menyewa perahu motor yang menuju ke arah hulu sungai tempat liang ini berada dengan waktu tempuh kurang lebih selama 10 menit.

Samboja Lodge

Ingin merasakan sensasi baru menginap di tengah hutan didalam sebuah bangunan khas suku Dayak yang merupakan suku asli Pulau Kalimantan? Jangan lewatkan kunjungan wisata Anda ke Samboja Lodge ini. Samboja Lodge adalah sebuah areal penginapan eksklusif yang letaknya berada di daerah Kutai Kartanegara dan berada tepat di tengah hutan hujan tropis Kalimantan.

Desain penginapan ini berarsitektur kayu dengan ukiran khas suku Dayak dan langsung menghadap pemandangan hutan. Sensasi yang dirasakan tamu benar-benar luar biasa. Kapan lagi bisa menginap ditengah hutan Borneo yang kesohor sambil ditemani suara binatang-binatang hutan?

Penginapan ini merupakan bagian dari kawasan hutan konservasi Samboja Lestari yang dikelola oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Penginapan ini dilengkapi dengan restoran, layanan kamar, parkir, bar atau lounge yang didesain untuk kenyamanan pengunjung. Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah menikmati suasana alami hutan yang sunyi dan berinteraksi langsung dengan orangutan dan beruang madu yang ada di kawasan konservasi.

Pantai Melawai

Pantai Melawai yang ada di Balikpapan ini adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Kalimantan Timur. Keindahan pantai ini paling menonjol saat matahari terbenam dimana pemandangan horizon langit sangat jelas dan landau tanpa terhalang bukit atau apapun dan sesekali ditingkahi perahu-perahu nelayan yang melintas. Selain menikmati indahnya panorama matahari terbenam, wisatawan juga bisa menyaksikan pulau kecil di seberang pantai yang bernama Pulau Babi karena banyak terdapat binatang laut bulu babi di pulau tersebut. Jika air laut sedang surut, wisatawan bisa berjalan kaki menuju ke Pulau Babi dari bibir pantai karena lokasinya memang tidak jauh.

Pantai ini menghadap langsung ke Selat Makassar dan merupakan daerah pusat penjaja makanan dan minuman sehingga suasananya tetap ramai bahkan hingga malam hari sekalipun. Lokasi pantai ini berada di pusat kota Balikpapan sehingga dapat dengan mudah dicapai dengan kendaraan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau kecil di sisi Selat Makassar dan terletak di Kota Bontang. Objek wisata ini mulai ramai didatangi wisatawan dari manca negara dan dalam negeri untuk menikmati panorama bawah lautnya yang sangat indah dengan cara menyelam.

Pulau Beras Basah Kalimantan Timur 2019
Pulau Beras Basah Kalimantan Timur 2019

Untuk bisa mencapai pulau ini, wisatawan bisa menyewa kapal nelayan di dermaga kawasan Bontang Kuala untuk menuju pulau Beras Basah yang terletak sekitar 40 menit perjalanan dengan kapal atau bisa juga menyewa kapal kelotok khas Kalimantan bila ingin merasakan sensasi naik perahu tradisional. dari dermaga.

Pulau Kakaban

Inilah objek wisata yang mungkin paling terkenal seantero Kalimantan dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yaitu Pulau Kakaban. Pulau ini terletak di gugus kepulauan Derawan, Kabupaten Berau yang merupakan gugus kepulauan yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan biota laut dan pemandangan panorama bawah laut yang menakjubkan.

Kepopuleran Derawan nyaris mengalahkan wisata Raja Ampat yang juga bertengger sebagai objek wisata bahari favorit di Indonesia dengan kekayaan bawah laut yang juga luar biasa. Pulau Kakaban ini sangat hijau dan memiliki keistimewaan sebagai salah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur.

Ya, untuk itulah kenapa pulau ini sangat termahsyur dan menjadi banyak jujugan turis dunia yang menggilai wisata bahari dan peneliti untuk meneliti biota laut yang ada disini. jujugan turis dunia yang menggilai wisata bahari dan peneliti untuk meneliti biota laut yang ada disini.

Canopy Bridge

Wisata Alam Kalimantan Timur Canopy Bridge
Wisata Alam Kalimantan Timur Canopy Bridge

Taman wisata alam seluas 1500 hektar ini menyajikan pemandangan alam yang mungkin belum pernah ditemui di Pulau Jawa sebelumnya. Di Bukit Bangkirai, pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang dengan ketinggian 40 hingga 50 meter jadi panorama yang tak biasa. Tidak hanya tinggi, pepohonan tersebut punya diameter yang besar, sekitar 2,3 meter. Uniknya lagi, pepohonan di hutan Bangkirai telah berusia 150 tahunan. 

Pulau Derawan

Pulau Derawan terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung, padang lamun yang subur, serta hutan mangrove yang masih terjaga. Karena keindahannya, Derawan pun tak pernah sepi dari wisatawan. Terutama para pencinta pemandangan bawah laut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.