Tiga Bekal UKM Dalam Mengembangkan Wirausaha

Sektor UKM dikenal sangat tangguh dan telah menjadi salah satu motor perekonomian Indonesia sejak masa lalu. Dalam kondisi kritis UKM berhasil menghadapi tantangan seperti krisis moneter, kenaikan bahan baku, nilai tukar rupiah melemah, dan berbagai gempuran prosuk asing.

Sehingga tidak heran saat pandemi seperti ini , sektor UKM banyak mendapatkan suntikan dari pemerintah dan swasta. Beberapa data menyebutkan UKM menyumbnag kontribusi 57,8 % bagi GDP Indonesia.

Berikut tiga point kunci yang disampaikan oleh Hermawan Kertajaya dalam mengembangkan kewirausahaan.

  • Entrepreneurship-Creativity-Productivity (ECP) adalah syarat mengembangkan UKM. ECP selanjutnya dikombinasikan dengan Positioning-Differentiation-Branding (PDB) sebagai elemen utama marketing.
  • Dukungan untuk UKM bukan sekedar pembiayaan semata, tetapiharus juga bekal marketing dan operasional
  • Pada akhirnya UKM harus mengembangkan sistem manajemen, kepemimpinan, dan inovasi mereka sendiri untuk menopang bisnis

Baca juga “10 Sikap Yang Harus Dikembangkan Dalam Berwirausaha.”

Demikian sedikit sharing dari buku citizen 4.0 karya Hermawan Kertajaya.

Baca juga berita update

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.