Tutorial Cara Membuat Masker Kain Sederhana dan Berbagai Jenisnya

0

Penggunaan masker secara nasional disampaikan secara resmi oleh pemerintah Indonesia pada (5/4/2020). Sejak saat itu mulai banyak masker gratis maupun berbayar dari yang murah maupun mahal dipasaran sebagai salah satu accesories dalam mengurangi dampak Covid-19.

Untuk mengenal lebih jauh tetnang pembahasan masker, silahkan dibaca artikel sebelumnya yang sudah kita bahas sebelumnya dengan judul Arti, Sejarah, Fungsi dan Jenis Masker Yang Bagus Untuk Cegah Korona.

Jenis-Jenis Masker Kain

Sebelum membahas bahan dan caranya, lebih baik kita cari inspirasi jenis dan model masker kain yang sering ditemui di lapangan, berikut beberapa masker kain menurut penulis

  1. Masker Kain Batik Lapis 2

Masker kain bahan batik didesain spesial karena lebih eyecatching dan indah dilihat sesuai dengan kebutuhan. Menggunakan tali berbahan kain, kelebihannya dibuat lapis dua sehingga bisa bongkar pasang dengan tisu seperti pada gambar, relatif lebih aman.

Masker Kain Batik Lapis 2
Masker Kain Batik Lapis 2

Berikut penampakan Masker Kain Batik Lapis 2 yang Dilengkapi Tempat Tisu agar bisa diganti sesuai pemakaian

2. Masker Kain Sederhana Tali Kain

Masker Kain Sederhana Tali Kain
Masker Kain Sederhana Tali Kain

Masker Kain Sederhana ini menggunakan tali dengan bahan kain, untuk tali bawah dibuat terusan sehinga bisa di pita. Desainnya ada tiiga liat untuk bagian pelindung depan.

3. Masker Kain Motif Sulam

Biasanya bebrapa orang memiliki ketelatenan dalam menyulam, bisa dicoba untuk membuat motif masker. Berban kain dan tali juga menggunakan kain.

4. Masker Bahan Kaos dengan Motif Lucu

Masker Bahan Kaos dengan Motif Lucu
Masker Bahan Kaos dengan Motif Lucu

Perpaduan antara bordir atau menyulam dan kain kaos yang bisa digunakan sebagai bahan masker kain ini.

5. Masker Kain Sederhana dengan Tali Karet Mengikat

Bagi beberapa orang masker ini cukup praktis karena talinya menggunkaan karet yang dipasang secara menyilang sehingga tidak mudah lepas. Pilihan kainnya terkadang kurang tebal sehingga perlu dibuat berlipat agar lebih aman.

6. Masker dengan moncong dan perekat kain

Masker dengan moncong dan perekat kain
Masker dengan moncong dan perekat kain

Masker ini relatif agak susah membuatnya karena ada lekukan kedepan dan untuk pengikatnya menggunakan perekat khusus

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebelum membuat masker kain sederhana permlu menyiapkan beberapa alat untuk memudahkan dalam proses membuatnya, seperti :

  • 2 bahan katun dengan ukuran 25 x 15 cm. Jika tidak ada, kain kaos bisa menjadi opsi lain. Bisa juga menggunakan kain sisa (perca) sebagai bahan masker. bahan ini bisa disesuaikan dengan jenis masker yang akan dibuat (seperti contoh diatas)
  • 2 buah tali, pita elastis, karet, atau bisa juga menggunkan kain sepanjang 15 cm sebagai pengikat.
  • Jarum atau jepit rambut
  • Perekat kain (jika dibutuhkan seperti jenis masker moncong)
  • Gunting untuk memotong kain dan benang
  • Mesin jahit atau peralatan menjahit lainnya.
  • Benang warna warni (bila memilih masker motif sulam)

Cara membuat:

  • Untuk membuat pertama kali pilih jenis masker yang diinginkan
  • Untuk masker sederhada bisa langsung potong bahan seperti kain, kain kaos atau bahan kain untuk tali sesuai kebutuhan
  • Tumpuk kedua bahan katun dan jahit menjadi satu. buat lipatan sesuai yang diinginkan. Apabila memilih jenis masker kain batik seperti diatas maka bisa menyesuaikan
  • Lipat sisi yang panjang lebih dari seperempat inci dan rapikan tepi-tepi jahitan (bagian bawah kain). Selanjutnya, lipat sisi pendek lebih dari setengah inci dan jahit ke bawah, membuat hemline terbuka. (Hemline adalah garis terendah dari suatu pakaian). Atau menyesuaikan kebutuhan sesuai jenis masker yang dipilih.
  • Pasang tali elastis sepanjang 15 cm melalui ujung yang dibuat pada setiap sisi masker dan ikat ujungnya dengan erat. Atau pasang tali pengikat berbahan kain (ukuran bisa disesuaikan)
  • Terakhir, tarik tali elastis sehingga simpul terselip di dalam tepi-tepi jahitan. Rapikan sisi-sisi masker dan sesuaikan agar pas dengan wajah sebelum menjahit tali elastis di tempatnya.

Metode lainnya bisa menggunakan kaos kain. Metode ini tidak memerlukan mesin jahit atau peralatan menjahit.

Untuk membuatnya, lebarkan kaos dan potong bagian bawah pada kain depan dan belakang kaos sekitar 17-20 cm. Kemudian potong sekitar 15 inci di sisi kanan, jangan lupa sisakan beberapa cm di bagian atas dan bawah untuk tali masker. Selanjutnya, potong tali masker. Talikan masker di sekitar leher dan di bagian atas belakang kepala.

Perlu diingat, masker wajah ini tidak boleh digunakan pada

  • anak di bawah usia dua tahun,
  • penderita kesulitan bernapas, atau siapa pun yang tidak sadarkan diri, tidak mampu, atau tidak dapat melepas masker tanpa bantuan.
  • tenaga medis atau pekerja yang membutuhkan safety yang tinggi seperti pekerja kimia berbahaya dan sejenisnya

Masker wajah kain harus dicuci secara teratur menggunakan mesin cuci. Sebagai pengingat, orang tidak boleh menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka saat melepas masker wajah dan perlu segera mencuci tangan setelah melepasnya.

Demikian sedikit ulasan “Tutorial Cara Membuat Masker Kain Sederhana dan Berbagai Jenisnya,” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.