Website Official initu.id Penyedia Informasi Posititif
Berbagi pengetahuan dan informasi dari banyak sumber

5 Fakta Menarik Mobil LIstrik di Indonesia

0 62

5 Fakta Menarik Mobil LIstrik di Indonesia 

5 fakta menarik tentang mobil listrik indonesia

Perjalanan sejarah mobil listrik sebenarnya sudah mulai populer sejak akhir abad 19 dan 20 di Indonesia, seiring dengan terbatasnya sumber energi seperti bensin dan solar sejan tahun 2000an mobil listrik sudah mulai dikembangkan sebagai sarana transportasi selain nyaman mobil listrik dengan sistem penyimpanan batery juga dianggap cukup mumpuni

Nah … yang menarik adalah di Indonesia akhir akhir ini perkembangannya, tidak semulus yang diprediksi banyak fakta menarik yang perlu diketahui diantara dakta menarik tersebut adalah :

1. Saat ini telah ada 2 model Mobil Listrik di Indonesia

Mobil listrik yang ada di Indonesia yaitu jenis mobil listik Ahmadi dan Tucuxi (wikipedia). Pada tanggal 20 Mei 2013 dilakukan diuji coba bus listrik untuk APEC 2013 Oktober. Sampai sekarang bus listrik tersebut melayani transportasi publik di Yogya.

2. Pembuat Mobil LIstrik Dasep Ahmadi  Divonis 7 tahun

Dasep Ahmadi salah seorang ilmuwan pembuat mobil listrik dan juga pemimpin proyek mobil listrik nasional, divonis tujuh tahun penjara dan juga dijatuhi hukuman denda Rp 200 juta subsider 3 bulan penjara. selain itu Dasep diwajibkan membayar uang pengganti Rp 17,1 miliar.

Walaupun Dasep menegaskan dirinya tak bersalah. karena menurut kacamata penelitian apa yang ia lakukan selama ini hanya untuk menghasilkan yang terbaik. “Kita melakukan yang terbaik, kalau masih ada kekurangan, ya itu wajar. Tapi, kalau ini disebut perbuatan kejahatan, saya tidak terima,” kata Direktur PT Sarimas Ahmadi Pratama

3. Karya Mobil Listrik Ricky Elson (Selo) Lebih Dihargai di Luar Negeri

Penah mendengar dulu ada salah seorang anak bangsa yang menciptakan mobil sport bernama Selo? Nah, ketika sudah dibuat dalam bentuk ‘beta’, ternyata mobil temuan Selo ini ditolak oleh pemerintah Indonesia karena menganggap temuannya ini tidak lolos uji emisi.

Saat pemerintah Indonesa menganggap penemuan Selo tidak ramah lingkungan, justru pemerintah Malaysia tertarik untuk mengembangkan lebih lanjut produk temuan Selo ini.

Uniknya, saat Selo bercerita tetang tawaran dari Malaysia di jejaring sosial, tanggapan berbeda justru dikemukakan oleh pihak pemerintah. Melalui pihak Kementerian Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi mengatakan bahwa Malaysia tidak membeli hak paten produk Selo namun hanya ingin melihat perkembangan risetnya saja.

Namun pada akhirnya, Selo menyutujui tawaran dari pemerintah Malaysia untuk mengembangkan penemuannya ini lebih lanjut. Keputusan Selo ini dibuat setelah tidak adanya titik temu serta pembicaraan serius dari pemerintah Indonesia.

4. Mobil Listrik ITS Toreh Rekor 800 km 

Tanggal 6 Mei 2014 ITS menorehkan rekor mobil listrik untuk dalam negeri dengan rincian jarak tempuh total 800 km, kecepatan rata-rata 120-130 km/jam serta setiap 8 jam dilakukan pengisian ulang selama 3 jam. Rute yang ditempuh adalah Jakarta–Bandung–Tasikmalaya–Purwokerto–Jogjakarta–Madiun–Surabaya

5. Pabrik Mobil LIstrik Komersial pertama ada di Gresik

Pabrik yang biasa disebut PT Grain ini mampu memproduksi mobil listrik ini sebanyak 20 ribu mobil listrik manual per tahun. Luas pabrik untuk mobil listrik manual ini mencapai 3.500 meter persegi dan sudah mulai operasi 28 Oktober 2012.

Sementara untuk yang jenis automatic, pabrik ini mampu memproduksi memproduksi 60 ribu per tahun mulai Maret 2013. Pabrik pembuatan mobil listrik automatic ini memiliki luas 4 ribu meter persegi.

________________________________________________________________________________________

Demikian pembahasan kita tentang fakta menarik tentang mobil listrik, perlu diketahui juga bahwa sampai bulan November 2011, Ada banyak mobil listrik yang sudah di produksi seperti esla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011),

Terima kasih sudah membaca “5 Fakta Menarik Mobil LIstrik di Indonesia “ semoga bermanfaat

Comments
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE