Perbedaan Hingga Cara Kerja Front End dan Back End Developer Website

Ada dua istilah yang populer dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pemrograman. Front end dan back end, apa sebenenarnya dua istilah tersebut khususnya dalam masalah teknis pekerjaan, berikut kami jabarkan beberapa diantaranya.

Front-End

Bagian front-end dari sebuah website adalah bagian yang langsung dilihat oleh userUser juga bisa langsung berinteraksi pada bagian ini. Bagian ini dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

HTML (HyperText Markup Languange) adalah tulang punggung dari web. Semua website yang kamu kunjungi dibuat menggunakan HTML. HTML menentukan struktur dan konten website. Versi terakhir dari HTML adalah HTML5.

CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa pemograman yang mengontrol tampilan HTML pada halaman website. CSS menentukan warna, font, gambar background, dan bahkan bagaimana tampilan keseluruhan website-mu. Versi terakhir dari CSS adalah CSS3, yang menambahkan fitur seperti interaktifitas dan animasi dasar.

Kamu bisa membangun sebuah website hanya dengan menggunakan HTML dan CSS, namun ada elemen yang akan membuat website tampil lebih menarik yaitu JavaScript.

Dengan JavaScript, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti interaktifitas, animasi yang lebih kompleks, dan bahkan kamu juga bisa membuat fully feature web application.

Back-End

Back-end adalah bagian belakang layar dari sebuah website. Bahasa pemograman untuk back-end development diantaranya adalah PHP, Ruby, Python, dan banyak lainnya.

Satu hal yang akan kamu temui: tidak akan banyak perusahaan yang mem-posting lowongan kerja dengan kalimat “back-end developer”. Yang akan lebih sering kamu temui adalah lowongan pekerjaan untuk “Ruby developer”, “PHP developer”, dll.

Tugas Frond End

  • Merealisasikan desain kreatif nan imajinatif dari sang UI/UX designer.
  • Memastikan konten yang ditampilkan di browser pengguna berjalan sesuai desain disepakati. 

Tugas Back End

Lebih banyak berhubungan dengan data, menggunakan algoritma tertentu untuk memecahkan masalah dan mengoptimalkan sistem yang kompleks.

Demikian sedikit ulasan “Perbedaan Hingga Cara Kerja Front End dan Back End Developer Website.” semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.