49 Nama Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya

INITU.ID – Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal akan keaneka ragaman budayanya, salah satunya adalah alat musik tradisional.

Alat musik tradisional asal Indonesia memiliki nama dan kegunaan yang unik di masing-masing daerah asalnya.

Selain alat musik tradisional, Indonesia juga terkenal akan minuman, makanan tradisional, rumah adat dan tarian daerahnya.

Dengan kekayaan budaya yang Indonesia miliki seharusnya kita sebagai warga negara yang baik, mengetahui lebih dalam tentang budaya-budaya yang ada di 33 provinsi Indonesia.

Baca juga: Gambar Alat Musik Tradisional Daerah Indonesia Dari Berbagai Provinsi

Berikut ini nama alat musik tradisional Indonesia dan asal daerahnya :

1. Alat musik tradisional Serune Kale Asal Aceh

serune kale alat musik asal aceh

Sarune Kale berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam yang mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaitu bunyi yang berasal dari hembusan angin. Cara menggunakan serune kale adalah dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur nada yang ada di lubang serune kale.

2. Alat musik tradisional : Aramba

49 Nama Alat Musik Tradisional Indonesia dan Daerah Asalnya

Aramba berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara yang mempunyai jenis bunyi Ideofon, yaitu bunyi yang berasal dari bahan dasarnya. Cara menggunakan Aramba adalah dengan dipukul dengan menggunakan pemukul seperti stik.

3. Alat musik tradisional: Saluang

Alat musik tradisional indonesia saluang : Bukalapak.

Saluang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat yang mempunyai jenis bunyi Aerofon, yaitu bunyi yang berasal dari hembusan angin. Cara menggunakan saluang dengan ditiup dan lubang yang ada di salung digunakan untuk mengatur nada dan jari-jari tangan berfungsi untuk menutup lubangnya.

4. Alat musik tradisional : Gambus

Alat Musik Tradisional Indonesia Gambus

Gambus berasal dari Riau, yang membunyai jenis bunyi Kordofun, yaitu bunyi yang berasal dari dawai atau senar. Gambus mempunyai 3 senar – 12 senar. Gambus biasa dimainkan sambil diiringi gendang.

5. Alat musik tradisional : Serangko

Cara Bermain Alat Musik Tradisional Serangko: Carabermainalatmusik. com

Serangko berasal dari Jambi yang terbuat dari tanduk kerbau. Cara menggunakan Serangko adalah dengan ditiup, serangko biasa digunakan untuk pemberitahuan jika ada musibah di masyarakat Jambi.

Alat Musik Tradisional
Comments (0)
Add Comment