Biografi Penemu Mobil Listrik Modern Tesla Elon Musk.

Tahukan pembaca sekalian. Mobil listrik sebenarnya sudah dimulai sejak abad 18. Kala itu ada Robert Anderson yang mengembangkan sebuah mobil roda tiga dengan menggunakan baterai listrik sebagai penggeraknya pada tahun 1832.

Selanjutnya pada tahun 1890 William Morrison yang dikenal sebagai ahli kimia sukses membuat kendaraan listrik buatannya yang mampu menampung hingga enam orang penumpang dan melaju dengan kecepatan 22 km/jam.

Hingga akhirnya saat ini kita mengenal mobil listrik modern yang dikeluarkan Tesla. Mobil listri tersebut dikenal dengan “The Tesla Roadster”. Mobil ini adalah mobil sport battery electric vehicle (BEV), berbasis pada sasis Lotus Elise , yang diproduksi oleh perusahaan mobil listrik Tesla Motors (sekarang Tesla, Inc. ) di California dari 2008 hingga 2012.

Siapa dibalik mobil listri Tesla. Tentu dunia sudah mengenal nama Elon Musk.

Biografi Singkat Elon Musk

Biografi Penemu Mobil Listrik Tesla Elon Musk

Elon Musk lahir di Afrika Selatan, 28 Juni 1971. Elon dikenal sebagai tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat. Sebelumnya Elon Musk juga ikut andil sebagai pendiri dan CEO SpaceX.

Setelah mengikuti kuliah perdagangan di Queen’s School of Business selama dua tahun, Elon Musk mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari the Wharton School of the University of Pennsylvania dan sarjana fisika. Ia mendirikan SpaceX, Tesla Motors, dan ikut mendirikan salah satu pelopor pembayaran online PayPal.

Dalam beberapa kesempatan Elon Musk menyatakan kepada publik bahwa perusahaan-perusahaan yang didirikannya memiliki tujuan mengubah dunia dan kehidupan manusia termasuk mengurangi pemanasan global melalui peningkatan produksi dan konsumsi energi terbarukan. Ia juga berharap dapat mengurangi “risiko punahnya umat manusia” dengan meningkatkan teknologi untuk hidup di planet lain, khususnya di Mars.

Pada bulan Maret 2017, kekayaan Musk ditaksir mencapai AS$13,9 milyar, menjadikannya orang terkaya ke-80 di dunia. Pada bulan Desember 2016, majalah Forbes menempatkannya sebagai peringkat ke-21 dalam daftar Orang Paling Berkuasa di Dunia.

Penghargaan Elon Musk

  • Terdaftar sebagai satu dari 100 tokoh yang paling berpengaruh tahun 2010 versi Time Magazine. Jon Favreau, sutradara film Iron Man, menjelaskan di artikel Time tentang bagaimana Musk menginspirasi karakter tokoh miliarder genius di film besutannya, Tony Stark.
  • Tahun 2010, badan penerbangan dunia Fédération Aéronautique Internationale menganugerahi Musk penghargaan tertinggi di bidang angkasa & luar angkasa, FAI Gold Space Medal, karena merancang roket swasta pertama yang mencapai orbit. Pemenang sebelumny adalah mencakup Neil Armstrong, Burt Rutan dari Scaled Composites, dan John Glenn.
  • Satu dari 75 tokoh paling berpengaruh abad ke-21 versi majalah Esquire.
  • Bulan Juni 2011, Musk dianugerahi Heinlein Prize for Advances in Space Commercialization senilai $500.000
  • Bulan Februari 2011, Forbes memasukkan Musk dalam daftar “America’s 20 Most Powerful CEOs 40 And Under”.
  • Diakui sebagai Living Legend in Aviation tahun 2010 oleh Kitty Hawk Foundation karena menciptakan pengganti Space Shuttle (roket Falcon 9 dan wahana antariksa Dragon). Pemenang lainnya meliputi Buzz Aldrin dan Richard Branson.
  • American Institute of Aeronautics and Astronautics George Low Award atas kontribusi tertinggi di bidang transportasi luar angkasa tahun 2007/2008. Musk diakui atas desain Falcon 1-nya, roket berbahan bakar cair swasta pertama yang mencapai orbit.
  • National Space Society Von Braun Trophy tahun 2008/2009 karena memimpin pencapaian terhebat di luar angkasa. Pemenang sebelumnya adalah Burt Rutan dan Steve Squyres.
  • National Wildlife Federation 2008 National Conservation Achievement Award untuk Tesla Motors dan SolarCity. Pemenang lainnya untuk tahun 2008 adalah jurnalis Thomas Friedman, Senator A.S. Patrick Leahy, dan Gubernur Florida Charlie Crist.
  • The Aviation Week 2008 Laureate untuk pencapaian terbaik dalam industri luar angkasa di seluruh dunia.
  • R&D Magazine Innovator of the Year 2007 untuk SpaceX, Tesla, dan SolarCity.
  • Automotive Executive of the Year (Worldwide) 2010 karena menunjukkan kepemimpinan teknologi dan inovasi melalui Tesla Motors. Pemenang sebleumnya meliputi Bill Ford Jr, Bob Lutz, Dieter Zetsche, dan Lee Iacocca. Musk adalah pemenang termuda.
  • Inc Magazine Entrepreneur of the Year Award 2007 atas karyanya di Tesla dan SpaceX.
  • 2007 Index Design Award untuk desain Tesla Roadster.
  • Global Green 2006 Product Design Award untuk desain Tesla Roadster diberikan oleh Mikhail Gorbachev.
  • Tahun 2010, Musk diangkat menjadi anggota dewan pengawas California Institute of Technology.
  • Tahun 2011, Musk dianugerai gelar Legendary Leader di Churchill Club Awards.
  • Tahun 2012, Musk dianugerahi medali emas sebagai bentuk penghargaan tertinggi Royal Aeronautical’s Society.

Baca juga “5 fakta mobil listrik di Indonesia,”

Demikian sedikit ulasan “Biografi Penemu Mobil Listrik Modern Tesla Elon Musk.” Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca sekalian.

mobil listrik
Comments (0)
Add Comment