Empat Kitab yang Wajib Dipercayai dan Kita Imani

Selain kitab Al-qur’an yang sudah kita pelajari, dalam agama Islam dikenal dengan empat buah kitab yang wajib kita percaya serta kita imani. Jumlah kitab suci sebenarnya tidak dijelaskan secara langsung dalam Al-Qur’an dan hadits. Yang perlu dicatat ada empat kitab yang wajib dipercayai dan kita Imani antara lain :

  1. Zabur kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud AS dengan menggunkaan bahasa Qibti.
  2. Taurat kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa AS dengan menggunakan bahasa Ibrani.
  3. Injil kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa AS dengan menggunakan bahasa Suryani.
  4. Qur’an kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan bahasa Arab

Kitab Al Qur’an atau Qur’an

Bahasa Arab ( القرآن ), adalah sebuah kitab suci bagi umat Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril. Kitab ini terbagi ke dalam beberapa surah (bab) dan setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat.

Terkait dengan diturunkan Al Qur’an, mempunyai kaitan erat dengan Lailatul Qodar. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dalam tempo 23 tahun. Dalam salah satu ayat Allah berfirman

اِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا الذِّكۡرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰـفِظُوۡنَ.

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya. (QS AL Hijr:9).

Kitab Zabur

Kitab Zabur (bahasa Arab: زبور ) disamakan oleh sebagian ulama dengan Mazmur, yang menurut agama Islam, adalah salah satu kitab suci yang diturunkan sebelum kitab Al-Qur’an (selain kitab Taurat dan kitab Injil)..

Istilah zabur adalah persamaan dengan istilah Ibrani zimra, bermaksud “lagu, musik.” Ia, bersama dengan zamir (“lagu”) dan mizmor (“mazmur” atau psalm), merupakan derivasi zamar, artinya “nyanyi, nyanyikan pujian, buatkan musik.”

Dalam Islam kitab zabur adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada kaum Bani Israil melalui utusannya yang bernama Nabi Daud.

Kitab Taurat

Taurat bahasa Arab (التوراة‎) adalah salah satu dari empat buah kitab Islam. Kitab ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi Musa AS, diturunkan khsusu untuk umat Nabi Musa.

Al Qur’an menyatakan bahwa Taurat telah di tahnif ditambah dan dikurangi ole penganut-penganutnya yang menyeleweng setelah Nabi Musa wafat.

Kitab Injil

Secara harfiah berarti “berita baik”. Jadi Injil biasanya mengandung arti

  1. Pemberitaan tentang aktifitas penyelamatan Allah di dalam Yesus dari Nazaret atau berita yang sidampaikan oleh Yesus dari Nazaret. Inilah asal-usul penggunaan kata “Injil” menurut perjanjian baru (lihat Surat Roma 1:1 atau Markus 1:1)
  2. Kedua dalam pengertian labih populer, kata ini merujuk kepada keempat Injil kanonok (Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes) dan kadang-kadang juga karya lainnya yang non-kanonik (misalnya Injil Tomas), yang menyampaikan kisah kehidupan, kematian dan kebangkitan Yesus.
  3. Sejumlah sarjana modern menggunkan istilah “Injil” untuk menunjuk kepad sebuah genre hipotesis dari sastra Kristen perdana.

Kesimpulanya adalah umat Islam meyakini bahwa Al Qur’an adalah sebagai penyempurna serta revisi dari kitabkitab sebelumnya.

Dikutip dari : Wikipedia | Muhammad Teladanku Mutiara Pelengkap penerbit Syamil

Demikian sedikit ulasan “Empat Kitab yang Wajib Dipercayai dan Kita Imani.” semoga bermanfaat.

Al QuranKitabTauratZabur
Comments (0)
Add Comment