Kelahiran Nabi Muhammad SAW dalam Al Quran

Kelahiran Nabi Muhammad dalam Al Quran

 

  • Nasab Nabi Muhammad SAW

Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib (namanya Syaibatul Hamd) bin Hisyam bin Abdi Manaf (namanya Al Mughirah) bin Qushayyi (namanya Zaid) bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Gholib bin Fihr bin Malik bin An Nadhar bin kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nazar bin Mu’iddu  bin Adnan (itulah batas nasab Rosulullah yang disepakati; Siroh Nabawiyah; Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buty)

  • Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dilahirkan pada tahun gajah, yaitu tahun saat Abraham al Asyram berusaha menyerang Makkah dan menghancurkan Kabah, namun bisa digagalkan dengan mukjizat yang mengagumnkan. Menurut riwayat yang paling kuat kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Senin Malam 12 Rabi’ul Awwal.

Dilahirkan dalam kondisi Yatim, Bapaknya Abdullah meninggal saat ibunya mengandung dua bulan. Dan ketika masih kecil saat berumur enam tahun ibunya yang bernama Aminah meninggal dunia. Beliau kemudian diasuh oleh kakeknya yang bernama Abdul Muththalib hingga berumur delapan tahun, yang kemudian disusukan oleh Halimah binti Abu Dzu’aib.

Tatkala Halimah Sa’diyah tidak mendapatkan selain Muhammad kecil, akhirnya ia membawanya juga sembari meminta pertolongan dari Allah Swt. Dalam perjalanan pulangnya itulah, untanya yang tadi pincang tiba-tiba berjalan bagaikan angin. Kambingnya yang semula kering susunya, tiba-tiba lancar dan siap dinikmati setiap pagi dan petang. Selama menjalani kehidupannya di kampong Bani Sa’ad, semua penduduk seakan ikut merasakan berkah kehadirannya.

  • Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Syam 

Ketika berusia 12 tahun Rosulullah diajak pamanny Abu Thalib pergi ke Syam bersama kafilah dagang. Sampai di Bashra para kafilah bertemu salah seorang pendeta bernama Bahira yang mana banyak mengetahui tentang Injil dan masalah masalah kenasranian. Yang kemudian menunjukan tanda kenabian ang ada pada rosulullah kepada Abu Thalib dan menyuruh balik kembali ke Mekah supaya terhindar dari gangguan orang orang Yahudi.

Pada usia remajanya Rosulullah bekerja mencari rizki dengan menggembala kambing, dan Allah memliharanya dari penyimpangan yang biasanya dilakukan oleh pemuda seusianya.

 

  • Berikut Beberapa Ayat Yang Menerangkan NAbi Muhammad SAW dalam Al Quran 

 

“Tiadalah Aku utus engkau kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam” (21:107).

“Sungguh engkau memiliki budi pekerti yang begitu agung” (68: 4).

“Allah swt dan para malaikat-Nya berselawat kepada Nabi saw” (33:56).

“Sesungguhnya Allah swt dan para malaikat-Nya berselawat kepada Nabi saw. Wahai orang-orang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi saw dan ucapkanlah salam kepadanya dengan sepenuh hati” (33:56).

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi.” (QS.Al-Ahzab:40)

 

 

Untuk kisah lengkap 25 Nabi bisa mengunjungi “Daftar Nama dan Kisah Singkat 25 Nabi dalam Islam Yang Pantas Menjadi Teladan” Semoga bermanfaat dan bisa menjadi teladan kita semua, silahkan berbagi dan komen postingan ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.