Belajar Bisnis dari Penjual Jamu dan STMJ Keliling

Belajar bisa dari mana saja, karena pada hakekatnya bukan siapa yang menyampaiakn tetapi apa yang disampaikan. Malam ini saya banyak belajar bisnis dari penjual STMJ keliling. Sebuah merk STMJ yang sudah tidak asing lagi di kota kami. Sebelum pandemi standnya selalu ramai disalah satu sudut kota.

Beberapa hari ini saya melihat sebuah mobil dengan branding yang sama di pinggir jalan di depan sebuah perumahan. Ciri khas yang mencolok adalah dari lampu yang terang dan berbagi pilihan menu yang bisa dipesan pembeli.

Karena penasaran saya sempatkan mampir, dan luar biasanya kami disambut dengan sapa senyum oleh salah satu pelayanan atau pemilik lebih tepatnya. sembari menunggu kami dan beberapa tamu lain diajak ngobrol. Yang secara tidak langsung sebenarnya menceritkan produck knowladge dari Jamu dan STMJ miliknya.

Pelajaran Bisnis

Ada beberapa pelajaran dari obrolan dan pengamatan saya yang sebenarnya bisa menginspirasi usaha yang lain. Karena di sekitar perumahan tersebut ada beberapa penjual yang sama dengan berbagai jenisnya. Ada yang jamu saja ada yang STMJ saja mungkin jumlahmnya sekitar 5.

Produk Berkualitas

Salah satu kelebihan yang disampaikan dibanding yang lain adalah kualitas produk susu yang segar dan berbgai pilihan menu jamu dan STMJ yang bisa dicoba oleh pembeli.

Ramah

Tidak semua penjual terlihat ramah dan berusaha untuk ramah. Hal sepele yang kadang memang agak susah. Makanya ada satu orang yang melayani atau customer service yang memang khusus untuk ini. Walaupun tidak ada tetapi ada 2 orang yang saling berbagi tugas di stand ini.

Kebersihan

Saat ngobrol sang pemilik juga bercerita kalau dalam berjualan tidak mencuci gelas, alias bawa gelas yang banyak dari rumah. Sehingga lebih bersih dan tidak mengotori tempat dan memakan banyak air untuk bersih bersih. Dan sepertinya inilah salah satuvalue yang tidak ada di tempat lain.

Membuka Cabang

Disaat pendemi tentu semua bisnis hampir terdampak. Apalagi yang berhubungan dengan daya beli. Sebuah ide cemerlang saya kira dengan berjualan menggunakan mobil yang didesign sedemikan rupa sehingga bisa menduplikasi semua menu dan produk yang dijual.

Selain hal diatas tentunya masih banyak hal yang bisa dipelajari, sehingga bagaimana pelanggan bisa kembali datang dan beli ke jualan kita. Bagi yang punya pengalaman boleh di share juga ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.