Search
Close this search box.

Ciri Ciri Generasi Z, Ketertarikan Pada Konten dan Pekerjaan

Ciri Ciri Generasi Z, Ketertarikan Pada Konten dan Pekerjaan

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1995 hingga tahun 2010. Memiliki ciri-ciri berbeda dengan generasi sebelumnya dan punya potensi yang unik. Generasi Z juga disebut generasi mobile yang diasosiasikan dengan gadget nativehyperconnected, namun memiliki short attention span

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Hampir sama dengan generasi sebelumnya Generasi Z biasa disebut dengan generasi i atau generasi internet, bisa juga disebut generasi net. Yang membedakan dari generasi Y, pada masa ini sudah mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu , misalnya nge tweet, browsing, menggunakan ponsel maupun PC dalam satu waktu. Sehingga sudah biasa apabila multitasking dalam aktifitasnya.

Generasi Z

Mengutip dari data Nielsen TV Audience Measurement pada periode April – Juni 2016 menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja lebih banyak menonton televisi pada waktu pagi di akhir pekan.

Dalam lima tahun terakhir, Program Serial masih merupakan genre yang paling banyak ditonton oleh Generasi Z, namun peningkatan penonton terjadi untuk genre Program Anak dan Hiburan.

Awalnya anak-anak menyukai Film Televisi (disingkat: FTV), terlihat dari tingginya rating yang diperoleh beberapa judul FTV dalam periode April – Juni 2016 pada penonton usia 10 – 14.

Saat ini layanan video streaming, youtube, facebook video, zoom dan sejenis sudah sangat populer dan menjadi makanan sehari-hari.

Beberapa Ciri-Ciri Generasi Z

  • Sebagai generasi yang terlahir di era digital,
  • Akses internet telah menjadi kebutuhan bagi Generasi Z. Pada tahun ini internet bisa diakses di rumah, dimana 49% anak-anak dan 62% remaja mengakses internet dari rumah mereka.
  • Mereka mengakses internet melalui perangkat mobile mereka seperti smartphone atau iPad.
  • Aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh Generasi Z dengan internet ini adalah berinteraksi melalui media sosial, menjelajah internet, bermain game dan mendengarkan musik.
  • Saat ini menjadi sarana untuk pembelajaran daring karena pandemi juga.

Ketertarikan Generasi Z Pada Konten Digital

  • Generasi Z memiliki ketertarikan konten seperti right content (berhubungan dengan efek visual), right format (penyajian konten tak lebih dari 10 detik karena rentang perhatian pendek), dan right context (target tepat waktu, sesuai tempat, dan mindful).
  • Generasi Z lebih suka konten yang sophisticated visual effects, suka konten video, iklan bisa dilewati, dan yang paling di-appreciate adalah konten-konten yang terlihat tidak seperti iklan.
  • Suka story dan disentuh emosinya dalam setiap konten
  • Generasi Z memiliki banyak potensi dalam kekuatan tenaga kerja di masa mendatang, namun mereka membutuhkan dukungan dari manajemen SDM , karena generasi Z cenderung berpindah pekerjaan mencari yang sesuai.
  • Pekerjaan Startup yang mengakomodir kreatifitas dan ide sangat cocok bagi generasi Z

Demikian sedikit ulasan “Ciri Ciri Generasi Z, Ketertarikan Pada Konten dan Pekerjaan,” semoga bermanfaat.

Lihat juga berita-berita INITU di Google News, Klik Disini

Share the Post:

Related Posts