Contoh Teks Ceramah Kultum Singkat Tentang Kegembiraan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun Ini

0

INITU.ID – Bulan Suci Ramadhan menjadi bulan yang sangat dinanti dan dirindukan oleh umat muslim mulai anak hingga orang dewasa di seluruh dunia, begitu pun di Indonesia. Keberkahan yang hanya ada di bulan suci ramadhan menjadikan umat Islam merasakan nikmatnya menjalani ibadah.

Ceramah atau Kuliah Tujuh Menit (kultum) merupakan kegiatan syiar agama yang rutin dilakukan di bulan suci Ramadhan diberbagai sudut surau dan masjid bahkan di perkantoran-perkantoran.

Biasanya ceramah di bulan Ramadhan atau Kultum Ramadhan memberikan siraman ruhani dan motivasi bagi umat muslim agar semakin giat meraih pahala, pengampunan, serta ridho dari Allah SWT.

Baca Juga : Kapan Mulai Puasa Ramadhan 2023, Berikut Jawaban Versi Muhammadiyah Dan NU

Salah satu tanda indikator keimanan seorang muslim ialah memiliki kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang datang setahun sekali dan tidak semua orang memiliki kesempatan bertemu bulan mulia ini.

Ibarat akan menyambut tamu agung yang ia nanti-nantikan, maka ia persiapkan segalanya dan tentu hati menjadi sangat senang saat tamu Ramadhan akan datang. Tentu lebih senang lagi jika ia menjumpai Ramadhan.

Berikut ini contoh ceramah atau kultum ramadhan singkat tentang kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillaahi robbil’alamiina. Washsholaatu was salaamu’alaa asyrofil mursaliina, wa’alaa aalihi washohbihi ajma’iina. Ammaa ba’du.

Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat yang luar biasa, baik iman Islam maupun kesempatan hingga bisa berjumpa pada ramadhan kali ini. Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW kepada keluarga sahabat dan semoga kepada kita semua sebagai umatnya.

Alhamdulillah pada kesempatan ini saya dapat bertemu muka dengan teman-teman yang dirahmati dan dimuliakan Allah. Harapan saya semoga kultum yang akan saya bawakan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua. Amiin.

Kaum muslimin-muslimat yang berbahagia.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bulan Ramadhan 2023 sudah ada di depan mata, insya Allah apabila tidak ada rintangan akan kita laksanakan pada 23 Maret 2023 mendatang.

Tinggal menghitung hari saja, bulan Ramadhan atau bulan suci yang penuh dengan pengampunan, rahmat dan kemudahan untuk beribadah tersebut akan tiba.

Hendaknya seorang muslim khawatir akan dirinya jika tidak ada perasaan gembira akan datangnya Ramadhan. Ia merasa biasa-biasa saja dan tidak ada yang istimewa. Bisa jadi ia terluput dari kebaikan yang banyak. Karena ini adalah karunia dari Allah dan seorang muslim harus gembira.

Allah berfirman,

ﻗُﻞْ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﻭَﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻪِ ﻓَﺒِﺬَﻟِﻚَ ﻓَﻠْﻴَﻔْﺮَﺣُﻮﺍْ ﻫُﻮَ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِّﻤَّﺎ ﻳَﺠْﻤَﻌُﻮﻥَ

“Katakanlah: ‘Dengan kurnia Allah dan rahmatNya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”

(QS. Yunus [10]: 58).

Kenapa harus bergembira menyambut Ramadhan?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.