Daftar Cagar Budaya di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi

Indonesia pernah dijajah dalam waktu yang sangat lama oleh Belanda yakni mencapai 3,5 abad. Ada juga beberapa bangsa lain yang pernah menjajah Indonesia, seperti Jepang, Inggris, Spanyol, dan Portugis. Akibat sering dijajah oleh bangsa lainnya, kini Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan cagar budaya, termasuk di Surabaya.

Anda bisa mengetahui beberapa daftar cagar budaya di Surabaya melalui ulasan ini. Masing-masing dari cagar budaya tersebut akan dijelaskan secara singkat. Ciri khas dari tempat cagar budaya tersebut sangat tampak dari desain arsitekturnya.

  • Stasiun Semut

Stasiun Semut memiliki nama lain berupa Stasiun Surabaya Kota. Kalau Anda ingin melihat bangunan tersebut, maka Anda bisa datang ke daerah Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan di Surabaya Utara. Mula-mula tujuan pembangunan dari stasiun ini di jaman dahulu adalah mengangkut hasil bumi maupun perkebunan untuk Belanda.

Fungsinya mulai berubah pada era 1940-an dimana yang diangkut tidak hanya berupa komoditi hasil kebun dan hasil bumi, melainkan juga penumpang. Rute yang ada pada jaman tersebut adalah Jakarta-Surabaya. Kemudian terdapat rute tambahan berupa Jogja-Bandung.

  • Kantor Tjiwi Kimia

Salah satu kantor perusahaan kertas ternama Tjiwi Kimia juga masuk dalam cagar budaya. Bangunan yang berada di Jalan Rajawali NO. 31 – 33, Surabaya Utara tersebut memiliki arsitektur jaman Belanda.

Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Surabaya No.188.45/004/402.1.04/1998 dengan nomor urut 87, bangunan kantor tersebut masuk dalam cagar budaya. Ini ditandai dengan dipasangnya plakat cagar budaya yang dikeluarkan oleh pemerintah kota Surabaya.

Baca juga Daftar Cagar Budaya Di Jakarta Bisa Untuk Destinasi Wisata

  • Bank Hagakita

Daftar cagar budaya di Surabaya yang berikutnya adalah Bank Hagakita. Bangunan yang digunakan sebagai bank ini memiliki ciri khas bangunan ala kolonial. Saat ini kepemilikan gedung Bank Hagakita berganti ke Bank Rabobank. Bangunan ini terus dirawat sampai dengan saat ini, sehingga bagian cat terlihat selalu putih bersih dan sangat bagus dipakai background foto.

  • Hotel Majapahit

Hotel ini berada tepat dipusat kota Surabaya, tepatnya di jalan Tunjungan. Kisah sejarah yang melekat di sini adalah Salah satu momen perjuangan di hotel Majapahit yang terjadi pada 19 September 1945

Insiden ini biasanya diperingati oleh Pemkot setiap tahunnya, yaitu Insiden perobekan Bendera. Peristiwa ini berawal saat sekelompok orang Belanda yang dipimpin Mr. Ploegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru di puncak sebelah kanan hotel.

Para pejuang Indonesia beraksi dengan merobek bendera warna biru pada bendera Belanda, yang berwarna merah, putih dan biru, sehingga menjadidengan demikian bendera itu menjadi bendera merah putih

  • Kantor Perseroan Terbatas Perkebunan (PTP) XXIII

PT Perkebunan Nusantara XXII juga merupakan salah satu BUMN yang ada di Jawa Timur. Gedung yang ditempati oleh PT Perkebunan Nusantara XXII itu dahulu adalah kantor PTP XXIII. Bangunan tersebut juga ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah walikota Surabaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.