Fakta Menarik Yang Terkandung Dalam Uang Pecahan Baru Rp 75.000

0

Negara Indonesia tercinta baru saja merayakan kemerdekaan yang ke-75 tepatnya Senin 17 Agustus 2020. Salah satu momentum bersejarah yang sempat menjadi bahan pemberitaan adalah munculnya pecahan uang baru sebesar Rp 75.000. Berikut beberapa fakta menarik yang terkandung dalam pecahan uang baru tersebut :

  1. Menampilkan dua pahlawan proklamator yaitu Ir Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden pertama di Indonesia
  2. Dalam uang tersebut terdapat simbol keberhasilan pembangunan infrastruktur seperti Jembatan Youtefa di Papua, MRT serta LRT di Jakarta , dan jalan tol yang menghubungkan Trans-Jawa.
  3. Pada halaman belakang ada makna yang disampaikan yaitu memperteguh kebhinekaan dengan gambar anak-anak berpakaian adat yang mewakili daerah barat, tengah, dan timur Indonesia.
  4. Halaman belakang juga menyampaikan makna bahwa Indonesia saat ini sedang menyongsong masa depan gemilang pada era digital dengan simbol satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.
  5. Uang pecahan Rp 75.000 ini informasinya hanya dicetak sebesar 74 juta lembar.
  6. Bisa dipesan secara online melalui website resmi Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020.
  7. Masyarakat hanya bisa menukarkan sekali saja.
  8. Mengeluarkan uang baru merupakan tradisi Indonesia dalam momen momen tertentu seperti siklus 25 tahun dan sejenisnya.

Demikian sedikit ulasan “Fakta Menarik Yang Terkandung Dalam Uang Pecahan Baru Rp 75.000,” semoga bisa menambah wawasan kita bersam a

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.