Bacaan Semua Kalangan

Inilah Foto Museo Atlantico Museum Bawah Laut Pertama di Eropa

0

Tepatnya di Pulau Lanzarote, Kepulauan Canary, Spanyol, ada sebuah bangunan museum underwater atau bawah laut yang terlengkap pertama di Eropa.

Museum itu dinamakan Museo Atlantico atau Museum Atlantis. Berlokasi pada kedalaman 12 hingga 15 meter di bawah laut Pulau Lanzarote, perairan Teluk Las Coloradas, Spanyol. Pada 10 Januari 2017, museum ini resmi dibuka untuk umum.

Museum ini merupakan karya artis Inggris, Jason deCaires Taylor, yang juga telah menciptakan pekerjaan yang sama di Cancun, Meksiko, dan Grenada.

Seperti dikutip Amusing Planet, patung-patung karya Taylor yang ada di museum ini, termasuk berbagai figur manusia yang merepresentasikan orang yang sedang berbicara melalui telepon seluler, sedang berjalan, mengambil gambar, hingga patung sedang selfie.

Instalasi lainnya berjudul “The Raft of Lampedusa” yang menggambarkan sebuah perahu boat dengan beberapa orang di atasnya yang putus asa menunggu pertolongan dan bantuan untuk melambangkan krisis para pengungsi.

Bawah Laut

Patung-patung di museum ini sesungguhnya memang untuk menarik dan mempromosikan pertumbuhan tumbuhan dan kehidupan hewan, simbolisasi hubungan antara manusia dan alam.

Banyak kehidupan laut yang mencari tempat berlindung dari predator. Jadi, mereka secara alamiah mendatangi museum ini. Sebagai seorang penyelam, Taylor mengetahui bahwa jika Anda menempatkan banyak objek di bawah laut, akan sangat cepat menjadi tempat berkumpulnya hewan-hewan laut.

Patung-patung di museum ini terbuat dari sejenis semen laut yang didesain untuk bertahan ratusan tahun. Dia menghindari menggunakan besi karena akan berkarat dan malah akan meracuni lingkungan laut.

“Semakin lama di bawah laut, maka lapisan kalsium akan mulai terbentuk. Jadi, akan semakin tidak dikenali lagi bentuknya sekian lama,” kata Taylor.

“Itulah salah satu alasan aku memulai dengan yang sederhana, seperti figur manusia, karena aku tahu sebanyak apa pun Anda memperburuk tubuh manusia di patung yang masih Anda kenal, maka malah akan mudah anda mengenalnya,” tambahnya.

sumber : republika

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.