Bacaan Semua Kalangan

Inilah Oleh-Oleh Ngangenin Makanan dan Kerajinan Khas Indonesia

0

Indonesia negara kepulauan dengan destinasi ribuan pulau yang tersebar di pelosok negeri terkenal dengan ragam kreatif lokal mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan. Bahkan, beberapa hasil kreatifitas lokal asal Indonesia telah terkenal hingga mancanegara.

Bicara soal oleh oleh asal Indonesia baik kuliner maupun kerajinan tangan. Tidak perlu diragukan lagi akan keunikan yang cocok sebagai buah tangan untuk dibagikan ke kerabat di luar negeri. Berikut beberapa barang khas Indonesia yang bisa dijadikan pilihan.

1. Aneka Keripik

Industri kreatif Indonesia terkenal dengan ragam kulinernya, termasuk aneka keripik khas nusantara. Anda bisa menemukan berbagai keripik mulai dari keripik pisang khas Lampung, keripik sumpia khas Cirebon, atau keripik balado khas Minang, kripik khas Banyumas dan berbagai kota lainnya.

Tak hanya lezat, olahan camilan ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke kerabat di luar negeri atau juga di dalam negeri.Ada banyak ragam keripik nusantara yang ditawarkan seperti keripik tempe, keripik pisang, keripik singkong, makaroni, dan lainnya.

2. Rendang

Siapa yang tak kenal makanan lezat yang satu ini? Makanan khas Indonesia ini memang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Terbuat dari daging yang dimasak dengan rempah dan bumbu khas Padang, cita rasa rendang tentu akan membuat lidah siapa pun tergugah untuk mencobanya.

Rendang juga sudah diakui dunia sebagai makan terbaik, beberapa event pernah menjadikannya sebagai makanan juara dan sangat patut dicoba dan dilestarikan.

Bukan hanya itu, kelezatan rendang pun kini telah diakui hingga ke mancanegara. Bahkan, rendang juga telah menjadi salah satu makanan Indonesia terfavorit yang menembus pasar kuliner internasional. Saat ini, ada banyak UMKM lokal yang menjual rendang siap saji sehingga bisa dikirim atau dibawa sebagai oleh-oleh khas Indonesia.

3. Jamu

Minuman tradisional khas masyarakat Jawa ini memang telah terkenal akan khasiatnya. Bahkan, belakangan ini jamu disebut sebagai minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sejak dulu, khasiat jamu sebagai obat herbal memang tak diragukan. Hal ini mengingat jamu terbuat dari bahan alami seperti akar-akaran (rimpang), daun-daunan, buah, dan kulit batang.

Dulunya, bahan-bahan alami tersebut akan dicampur dan diolah menjadi jamu cair. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini jamu sudah dapat dikonsumsi secara instan. Saat ini, telah banyak penjual jamu yang mengolah jamu menjadi lebih praktis dalam bentuk bubuk.

Dalam kondisi seperti ini badan penelitian BPPT juga mengeluarkan beberapa rekomendasi bahan bahan jamu yang sangat baik untuk tubuh.

4. Kopi

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Menariknya lagi, beberapa jenis kopi Indonesia telah berhasil dikenal dan diakui kenikmatannya hingga mancanegara. Salah satu kopi yang menjadi favorit warga dunia adalah kopi luwak. Tak hanya lezat, kopi luwak juga kerap disebut sebagai kopi termahal di dunia.

Selain luwak, ada kopi-kopi jenis lainnya yang juga bisa dijadikan oleh-oleh seperti Toraja, Gayo, Sidikalang, atau Kerinci. Berminat menjadikan kopi sebagai oleh-oleh.

Beberapa kota di Indonesia juga sangat familiar dengan cafe cafe unik dengan sajian kopi spesial. Mulai cafe tradisional seperti di Aceh hingga warung-warung kecil yang menjadi bahan cangkrukan warga.

5. Batik

Batik kerap menjadi wastra yang dikaitkan dengan ciri khas Indonesia. Tak heran banyak warga yang membawa batik sebagai oleh-oleh dari Indonesia. Bicara soal batik, Indonesia memiliki aneka jenis batik dengan aneka motif dan warna.

Setiap daerah biasanya memiliki motif batik seperti Yogyakarta dengan batik kawung dan sidomukti, atau Cirebon dengan ciri khas batik megamendung.

Batik juga memiliki sejarah dan akar budaya Indonesia yang sangat kental, dahulu digunakan oleh para bangsawan keraton dan kerajaan -kerajaan.

6. Tenun Ikat

Selain batik, wastra Indonesia yang satu ini juga cocok menjadi oleh-oleh bagi kerabat di luar negeri. Selain cantik, kain tenun juga memiliki makna dalam kehidupan warga Indonesia, tak hanya sebagai pakaian, namun memiliki fungsi sosial, agama, dan ekonomi. Di Indonesia, tenun terdiri dari berbagai jenis dan motif sesuai daerahnya. Salah satunya kain tenun ikat khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah terkenal hingga mendunia. Kain tenun ikat dibuat dari benang-benang yang diberi pewarna alami seperti kunyit, tauk, mengkudu, dan lainnya.

Adapun proses pembuatan selembar kain tenun ikat juga beragam antara 2 minggu hingga berbulan-bulan sesuai dengan motif yang ingin dibuat. Dulunya, tenun ikat hanya digunakan untuk upacara adat. Namun kini beberapa UMKM telah berinovasi membuat tenun ikat menjadi aneka ragam tas, baju, gaun, kemeja, hingga sepatu.

7. Ulos

Ingin memberi oleh-oleh khas Indonesia lainnya yang lebih unik? Oleh-oleh khas Danau Toba ini mungkin bisa dicoba. Ulos merupakan kain tenun khas suku Batak yang memiliki arti berbeda sesuai motifnya. Layaknya songket khas Melayu, ulos juga biasanya digunakan saat acara perkawinan, upacara kematian, menari Tor Tor, atau upacara adat lainnya.

Namun, bagi suku Batak, ulos juga menjadi benda sakral dan berperan penting dalam hidup bermasyarakat. Beberapa jenis ulos yang umum digunakan masyarakat antara lain ulos sibolang, ulos jugia, ulos sadum, ulos mangiring, dan ulos ragi idup.

Demikian sedikit ulasan “Oleh-Oleh Ngangenin Makanan dan Kerajinan Khas Indonesia,” yang kami kutip dari detik travel. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi wisatawan baik lokal mupun asing yang berkunjung di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.