Nasehat Rosulullah untuk Anak Anak dan Makna Didalamnya

Rosulullah Muhammad SAW terkenal sebagai Nabi yang sangat menyayangi anak-anak. Beliau sering bermain bersama anak anak. Mulai dari berlari bersama, naik unta bersama hingga duduk dan menasehati bersama. Berikut kami mencoba untuk menuliskan Nasehat Rosulullah untuk Anak Anak dan Makna Didalamnya.

Baca juga “Silsilah Keturunan Nabi Muhammad SAW Lengkap.

Nasehat Rosulullah

Diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Ibnu Abbas , bahwa Rosulullah pernah mensehati anak-anak sebagai berikut

“apabila engkau menginginkan sesuatu mintalah kepada Allah. Apabila engkau menginginkan pertolongan , mintalah kepada Allah . Apabila seluruh manusia berkumpul untuk mencelakaimu, mereka tidak akan mampu mencelakaimu sedikitpun kecuali atas kehendak Allah.”

Demikian beberapa nasehat Rosulullah kepada anak-anak. Bisa diterapkan kepada generasi muda disegala zaman. Adapun makna yang terkandung didalamnya antara lain adalah

  • Nasehat yang singkat akan tetapi bermakna tauhid yang luar biasa.

Pemahaman tentang ke-Tuhanan sudah selayaknya diajarkan sejak kecil. Bagaimana kekuasaan Allah diajarkan dalam nasehar Rosul dengan mengajak untuk meminta pertolongan kepada Allah.

  • Mengajarkan Keberanian

Mana kala nilai ketauhidan sudah tertanam menghunjam kedalam manusia, maka disaat datang ancaman yang datang dari manusia kita diajarkan untuk tidak takut dan menjadi seorang pemberani.

  • Mengajarkan Untuk Berdoa

Apapun usaha manusia maka terbatas hanya usaha saja. Dan kewajiban selanjutnya adalah berdoa dengan mengharap hanya kepada Allah. Meminta pertolongan hanya kepada Allah. Dan sesungguhnya Allah sangat mencintai hambanya yang meminta kepada-Nya.

  • Mengajarkan Qodo dan Qodar

Secara tidak langsung Beliau juga mengajarkan tentang keimanan terhadap qodo dan qodar. Dimana iman kepada Qada dan Qadar berarti sebagai manusia harus percaya serta meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT memiliki kehendak, ketetapan, keputusan atas semua makhluk-Nya.

Qada berarti ketetapan Allah SWT, sedangkan Qadar berarti ukuran atau ketentuan Allah SWT terhadap segala sesuatu.

Demikian sedikit ulasan tentang “Nasehat Rosulullah untuk Anak Anak dan Makna Didalamnya,” semoga selalu bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.