Peluncuran Uang Rupiah Gambar Pahlawan Terbaru Mulai Desember

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengganti gambar pahlawan di uang rupiah kertas dan logam. Ada 12 nama pahlawan yang sudah ditetapkan. berdasarkan Keppres No. 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Para pahlawan ini akan terpampang di uang NKRI, yaitu uang yang ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Menteri Keuangan (Menkeu). Berikut nama pahlawan tersebut


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Gambar pahlawan nasional Ir Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 100.000.

2. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 50.000.

3. Gambar pahlawan nasional G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 20.000.

4. Gambar pahlawan nasional Frans Kaisipoi sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 10.000.

5. Gambar pahlawan nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 5.000.

6. Gambar pahlawan nasional Mohammad Husni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 2.000.

7. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutiah sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas dengan pecahan Rp 1.000.

8. Gambar pahlawan nasional I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam dengan pecahan Rp 1.000.

9. Gambar pahlawan nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam dengan pecahan Rp 500.

10. Gambar pahlawan nasional Dr. Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam dengan pecahan Rp 200.

11. Gambar pahlawan nasional Prof. Dr. Ir. Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam dengan pecahan Rp 100.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Rencananya Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang rupiah desain baru, baik kertas dan logam di Desember 2016. Rupiah berdesain baru ini sejalan dengan rencana BI menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Desember mudah-mudahan kita launching,” ungkap Deputi Gubernur BI, Ronald Waas, di Gedung Thamrin Bank Indonesia, Senin(14/11/2016). seperti dikutip dari detikcom

Ronald menyatakan, peredaran uang baru tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap. Meski nanti rupiah berdesain baru dikeluarkan, namun uang rupiah desain lama masih tetap berlaku.

“Tetap berlaku ketentuan yang lama, penarikan BI kan bertahap,” kata Ronald.

“Jadi enggak akan rupiah yang tiba-tiba enggak berlaku, BI akan mengumumkan kalau mau narik pecahan tertentu. Dan pengumumannya ngasih waktu yang cukup,” tutupnya.

.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.