Penemu dan Penemuan Hebat di Dunia. Mulai Teleskop Hingga Internet

0

Berbagai penemuan spektakuler terus berkembang dari masa ke masa. Tentu semua berawal dari penemuan-penemuan sederhana terlebih dahulu.

Siapa saja dan apa saja penemuan hebat di dunia versi initu.id, berikut ulasan singkatnya :

Teleskop (1609)

Teleskop pertama kali dibuat oleh Hans Lippershey, lalu dikembangkan oleh Galileo Galilei, dan terus disempurnakan seiring perkembangan ilmu pengetahuan.

Sehingga berkembang ilmu falak yang menggunakan berbagai karya optik yang saling berkaitan.

Mesin Uap (1712)

Mesin uap sangat tidak efisien sampai beberapa tokoh populer di mesin uap datang dengan perbaikan yang lebih baik seperti Thomas Newcomen, James Watt dan Matthew Boulton. Mesin uap adalah mesin pertama yang memungkinkan praktik industri diterapkan dan menciptakan revolusi industri.

Proses Bessemer

Ilustrasi Proses Bessemer
Ilustrasi Proses Bessemer

Proses Bessemer memungkinkan untuk memproduksi baja secara massal. Ini merupakan inovasi besar dalam konstruksi dan memunculkan banyak kemajuan penting. Proses ini ditemukan secara independen dan bersamaan oleh Sir Henry Bessemer (dari Inggris) dan William Kelly (dari AS) pada 1840-an.

Sementara metode yang berbeda digunakan untuk membuat blok-blok bangunan. Tanpa menggunakan teknologi ini, teknik pengecoran gedung pencakar langit akan membutuhkan waktu yang lama.

Percobaan Pesawat

Sejarah penerbangan tak akan lengkap tanpa memasukkan penemuan Wright Bersaudara yang berhasil melakukan uji coba pesawat. Pada 14 Desember 1903, Orville Wright dan Wilbur Wright mencoba pesawat buatannya dan bisa terbang dalam ketinggian tertentu selama beberapa menit.

Hal yang dilakukan oleh Wright Bersaudara menjadi inovasi dalam dunia penerbangan. Berkat uji coba dan penemuannya, seseorang bisa mengirimkan barang melalui jalur udara dengan waktu yang lebih cepat.

Komputer

Penemu Komputer Pertama Charles Babbage. Dikenal sebagai salah satu pelopor atau penemu dari dari komputer pertama kali. Charles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu Komputer Pertama, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer.

Penemu Komputer Pertama Charles Babbage
Penemu Komputer Pertama Charles Babbage

Mesin penghitung (Difference Engine no.1) yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.

Saat ini, baik di perpustakaan, laboratorium, mal, dan sekolah tersedia komputer. Alat ini membantu seseorang dalam pekerjaan, baik itu pekerjaan sederhana seperti menulis daftar atau mengerjakan akuntansi pembayaran. Pada 1977, Stephen Wozniak meluncurkan Apple II, komputer yang menjadi pembuka penggunaan komputer rumah secara lebih luas.

Apple sejak itu menjadi piranti penting dalam setiap rumah. Berikutnya, Bill Gates mengembangkan sistem operasi Windows yang membuat penggunaan komputer desktop atau PC semakin masif digunakan. Sekarang teknologi komputer telah berevolusi bisa ditempatkan pada ponsel cerdas yang dapat ditampung dalam saku manusia.

Internet (1960 & 1989)

Leonard Kleinrock (lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 13 Juni 1934; umur 85 tahun) adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet. Seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, ia membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoretis jaringan computer.

Ia dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi. (wikipedia)

Pada tanggal 29 Oktober 1969 ia menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet yang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah.[3] Leonard Kleinrockpun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital, dan membantu membangun ARPANET.

Penemuan terbaik yang memungkinkan percepatan informasi untuk mentransfer, berbagi, dan membuatnya lebih mudah diakses adalah penemuan internet. 

Penemuan jaringan ini dimulai sejak tahun 1960-an ketika Advance Research Projects Agency (ARPA) Departemen Pertahanan AS menciptakan ARPANET. Jaringan ini memungkinkan komunikasi antar komputer di seluruh jaringan.

Sementara internet seperti yang kita kenal sekarang mulai dengan penemuan situs web (World Wide Web) yang ditemukan pada akhir tahun 80-an. Semuanya dimulai ketika peneliti di CERN menelepon Tim Berners-Lee dan rekan-rekannya mengembangkan sistem yang akan memungkinkan pengguna internet untuk mengakses ‘halaman’ berbasis teks.

Ini dimungkinkan oleh penggunaan HyperText Transfer Protocol (HTTP), memungkinkan komunikasi antara server jaringan dan komputer. Mereka merilis web browser awal kepada publik pada tahun 1992 dan kemajuan internet dimulai, sampai saat ini kita bisa menikmati internet dengan sangat mudah.

Sumber : Kompas | Unnes | Wikipedia | Saintif

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.