Pengertian Istilah Hype dalam Pemasaran dan Contohnya

0

Pernahkan pembaca mendengar atau membaca istilah “hype” seperti saat kita mendengar kata yang berlebihan dalam sebuah promosi sesuatu produk. Baik marilah kita coba untuk mendeskripsikan.

Pengertian Hype

Pengertian hype adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti sangat senang atau sangat menantikan sesuatu pada sebuah hal secara spesifik. Sementara dalam bahasa Prancis berarti ‘hyperbole’ yaitu kata-kata yang bombastis, yang membesar-besarkan sesuatu yang ingin dibesarkan si pengucap kata-kata itu agar yang mendengarnya merasa apa pun itu yang diucapkan lebih besar dan lebih hebat dari yang sebenarnya. 

Sehingga kita juga mengenal beberapa dari pelajaran bahasa Indonesia seperti majas hiperbola.

Pembahasan  

Selain berarti sangat senang. Hype juga berarti sebagai sebuah kegiatan dari pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan besar sebagai sebuah strategi pasar ke dalam sebuah bentuk pemasaran dari sebuah produk untuk dapat dianggap menjadi sangatlah menarik dan besar, yang dimana kemudian akan dapat melakukan peningkatan dari pembeli untuk dapat meningkatkan jumlah pembeli untuk menantikan sebuah produk dikarenakan dengan penggunaan kata hype akan menjadi barang yang memiliki harga jual untuk menjadi lebih tinggi.  

Beberapa contoh yang pernah kita rasakan adalah bagaiman promosi dari Supreme, Compass dan bahkan sebelum hype gila gilaan Nokia Communicator, ada MONALISA

Hype Monalisa

Salah satu cerita pemasaran yang lukisan monalissa berlebihan saat Vincenzo Peruggia,yang tinggal di Italia dan pernah bekerja di Museum Louvre dan ikut serta dalam aksi pencurian lukisan Mona Lisa bersama dengan sekelompok petugas kebersihan Louvre pada 21 Agustus 1911. Sehingga semua media saat itu memberitakan kehilangan dan itu bisa menjadi Hype saat itu. Karena semua orang menjadi tau lukisan Mona Lisa yang awalnya sebenarnya tidak terkenal.

Pada 12 Desember 1913, lukisan Mona Lisa karya pelukis Leonardo da Vinci tersebut akhirnya berhasil ditemukan setelah dua tahun dicuri.

Film Joker

Film ini sangat populer tahun 2019, hingga lokasi syutingnya menjadi tempat wisata, marchindice dan costum joker juga menjadi laris sebagai costum untuk foto dan sekedar narsis

Trend Hijab

Dulu hijab atau jilbab di Indonesia menjadi baranglangka, bisa dihitung dengan jari. Sekarang trend hijab terus berkembang dengan desain dan merknya.

Berbagai film dan iklan produk sudah terbiasa dengan hijab untuk wanita, bahkan beberapa produk mengeluarkan produk khusus untuk wanita pengguna hijab, seperti shampo, baju dan sebagainya.

Sehingga trend metode marketing hype sekarang mulai digunakan oleh beberapa produk untuk mempromosikan produknya di era social media saat ini, Seperti beberapa produk diatas

Demikian sedikit ulasan “Pengertian Istilah Hype dalam Pemasaran dan Contohnya,” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.