Bacaan Semua Kalangan

Pengertian, Manfaat, Ciri dan Jenis Jenis Paragraf: Pastikan Pikiran Utama dan Penjelas

0

INITU.ID – Kami ini kita akan membahas tentang pengertian, manfaat, ciri dan jenis jenis paragraf.

Paragraf sendiri sebenarnya sangat melekar kepada kita sebagai pelajar atau pekerja yang berhubungan dengan kalimat, surat dan sebagainya.

Pengertian Paragraf adalah kumpulan kalimat yang kita susun sedemikian rupa. Biasanya mempunyai satu ide pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bagian dalam atau menggunakan garis baru. Nama lain dari paragraf adalah alinea.

Baca juga: Contoh Dan Maksud Kalimat Deduktif Dan Induktif Dalam Sebuah Paragraf

Paragraf terdiri dari beberapa jenis, mulai dari jenis paragraf berdasarkan isinya fungsinya dan juga peletakan gagasan utama dari sebuah tulisan.

Pengertian dari Ahli

Pengertian paragraf dari beberapa ahli bidang kebahasaan juga dikemukakan sebagai berikut:

  • Menurut Ramlan Paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya (Ramlan).
  • Paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling bertalian untuk membuat sebuah ide atau gagasan baru (Handayani dkk).
  • Menurut Wiyanto paragraf merupakan sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama sama menjelaskan satu unit pokok pikiran (Wiyanto).

Paragraf digolongkan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah jenis paragraf berdasarkan fungsinya, letak gagasan utama dan isinya.

a. Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi

Paragraf Pembuka

Dalam sebuah karangan (kecuali karangan ilmiah). Paragraf pembuka umumnya ditulis untuk memancing rasa keingintahuan pembaca terhadap isi artikel secara keseluruhan.

Pertama adalah Paragraf Isi: Paragraf ini berisi bagian-bagian pokok dalam suatu karangan.

Kedua adalah Paragraf Penutup: Paragraf ini biasanya berisi kesimpulan, saran, harapan, ringkasan dan penekanan kembali hal-hal penting yang terdapat dalam setiap karangan.

Ketiga adalah Paragraf Penghubung: Paragraf ini fungsinya adalah untuk mengubungkan antara paragraf satu ke paragraf lainnya atau karangan satu ke karangan lainnya.Jenis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.