Perbuatan Tidak Ada Akhlak yang Merugikan Tetangga

0

Ada kebiasaan buruk yang terkadang tidak kita sadari merugikan pihak lain. Biasanya dilakukan saat kita belum menyadari bahwa kegiatan tersebut merugikan orang lain. Seringkali disebut sebagai perbuatan tidak ada akhlak yang merugikan tetangga

Tulisan ini bermaksud untuk bisa menyadarkan khususnya penulis dan pembaca yang semoga bisa menyadri aktifitasnya

  • Membuang Sampah

Tidak sedikit masalah di perumahan atau di perkampungan yang sering menjadi konflik dan bahkan menjadi bahasan khusus dalam rapat rapat tingkat RT dan RW adalah bab sampah. Pengaturan sampah biasanya dibuat iuran agar tertib.

Masalah kemudian timbul saat warga membuang sambpah sembaranga sehingga menimbulkan bau tidak sedap yang menjadi bahan pembicaraan dan tidak sedikit sehingga menjadi awal pertengkaran antar keluarga

  • Membunyikan Klakson berlebihan

khususnya anak muda yang masih dalam proses pertumbuhan, terkadang tidak menyadari apabila tetangga memiliki balita yang membutuhkan ketenangan. Klakson yang dimodifikasi membuat tetangga yang mendengarkan merasa terganggu.

Solusinya anak ini harus dikasih tau, karena memang belum memahami. tetapi tidak sedikit juga orang yang sudah dewasa melakukan perbuatan tidak ada akhlaq seperti ini

  • Parkir dan Memanaskan Mesin

Parkir sembarang sepertinya sering viral di media sosial. Apalagi perumahan yang jalannya sempit sementara mobil diparkir memakan jalan yang digunakan warga.

Walaupun tidak ngomong dalam hati biasanya membuat dongkol. bagi RT yang tegas biasanya dibuat peraturan khusus.

satu paket dengan akhlak pemilik mobil adalah saat memanaskan mobil, arah kenalpot yang mengarahkan ke rumah orang itu SANGAT Mengganggu pernafasan. Mirip dengan merokok.

Baca juga “tujuh Pilar Pengasuhan Anak.”

  • Hajatan di Tengah Jalan

Bagi daerah yang sempit khususnya sangat berpengaruh bagi aktifitas warga lainnya, apalagi tidak ada jalan alterative. Pemilihan atau penggunaan jalan raya sebagai tempat hajatan sepertinya perlu dipertimbangkan lagi. Apakah banyak manfaatnya atau mudhorotnya.

hajatan di tengah jalan
hajatan di tengah jalan

Sebagai solusi barangkali bisa menggunakan balai RW atau Desa agar tidak mengganggu dan tentunya lebih murah karena milik desa dibandingkan sewa gedung misalnya.

Demikian beberapa “Perbuatan Tidak Ada Akhlak yang Merugikan Tetangga,” tentunya masih banyak yang lainnya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk menguranginya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.